Anda berada di mode pratinjau.
| |

Pemohon Hibah

SEKAR IKANANDANTI HENDROPUTRI


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

kriya

Pengalaman Berkarya

3 tahun

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

@sekar.makirtya @sekar_ikahp

Proyek


No. Formulir

185

Judul Proyek

Bengkelku

Lokasi Proyek

Kab. Bantul, DI Yogyakarta

Deskripsi Proyek

Perbaikan ruang kerja dan penambahan fasilitas yang mendukung proses kreasi dan produksi serta kegiatan workshop/kursus agar lebih professional, nyaman dan aman. Karena selama ini ruang kerja dan kursus dilakukan di garasi yang kurang memenuhi syarat untuk kerja yang nyaman dan aman.

Kategori

akses

Latar Belakang Proyek

Selain sebagai pembuat perhiasan handmade (upcycle jewelry) dengan teknik metalsmithing berbahan dasar tembaga dikombinasikan dengan material & teknik lain, saya juga membuka workshop singkat/kursus bagi umum yang ingin belajar membuat aksesoris sendiri atau para pengrajin perhiasan yang ingin mengembangkan tekniknya, berupa kursus privat maupun mobile ke luar bengkel/luar kota. Selain itu konsekuensi sebagai salah satu awardee pada program Australia Awards Indonesia short term for jewelry design membuat saya harus selalu belajar dan meningkatkan kreasi disertai dengan semangat berbagi ilmu kepada masyarakat yang membutuhkan. Saat ini saya bekerja di garasi rumah (orang tua) saya dengan kondisi bangunan yang satu sisi tembok terbuka, hanya beratap seng yang saat musim panas serasa dioven, saat musim hujan bocor sana-sini dan tempias. Saya membutuhkan sarana dan prasarana yang membuat kerja maupun workshop/kursus menjadi lebih efisien, nyaman dan aman serta memungkinkan eksplorasi teknik lebih lanjut untuk mengembangkan kreasi saya.

Masalah yang Diangkat

Perbaikan sarana dan prasaran membutuhkan dana dan waktu yang tidak sedikit dan selama ini masih terhambat karena faktor pendanaan yang belum bisa terkumpul meskipun kegiatan kreasi dan pemasaran sudah dilakukan sejak tahun 2013 akhir. Beberapa alat yang berkualitas harus dibeli dari luar negri dan harganya cukup mahal, namun bisa dicari solusi yang lebih efisien dengan membuat custom tools (merangkai/membuat sendiri dari material yang bisa dibeli di dalam negri) atau membeli online dari supplier yang ada di Indonesia walaupun kadang butuh waktu agak lama karena mereka juga mengimpornya. Meskipun masih berada dalam fasilitas rumah orang tua, namun dibutuhkan area kerja yang lebih mandiri dan tidak bercampur dengan urusan domestik rumah tangga, sehingga kerja menjadi lebih profesional dan fokus.

Durasi Proyek

2 bulan

Indikator Sukses

Selesainya perbaikan bengkel dan kondisi kerja menjadi lebih nyaman dan aman, serta jadwal workshop/kursus bisa dibuka lebih teratur.

Dana Hibah

Rp.23 Juta