Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

177 - Jalan Benang


Nama Inisiator

Ayudhea Ulfandari

Bidang Seni

seni_pertunjukan

Pengalaman

8 tahun

Contoh Karya

Glow In Nusantara.mp4

Situs Web

https://youtu.be/E5YWm3O82nw

Media Sosial

Facebook : Dhea Fandari , Instagram : @dheafandari & @dfconceptual

Kategori Proyek

kerjasama_kolaborasi

Deskripsi Proyek

Tema : Dimensi benang dengan wanita pemintal dan penenun Dimensi yang menggambarkan keterkaitan antara benang dengan wanita pemintal dan penenun. Sosok wanita serta benang secara visual akan teraplikasi melalui beberapa dimensi dengan property artistik sebagai berikut : • 2 dimensi ( Lukisan wayang beber sosok wanita pemintal dan penenun kain) • 3 dimensi ( Bayangan wujud seorang wanita dengan benang) • 4 dimensi ( wujud penari wanita dengan menggunakan artistik benang Glow in the dark juga Body Painting pola motif kain tenun serta simbolik feminisme terlukis di tubuh dan wujud asli 2 orang Wanita pemintal dan penenun ) Secara pertunjukan dengan harapan karya ini dapat di pentaskan secara roadshow ke beberapa Kota seperti Kota Solo, Jakarta, Bali, Palu (Sulawesi). Menghadirkan wanita pemintal dan penenun sebagai wujud support serta dedikasi untuk perwakilan dari wanita - wanita pemintal penenun di Indonesia. Akan adanya kolaborasi bersama pelukis wayang beber yaitu Dani Iswardana, komposisi tampilan seni lukis tubuh bersama Novi Aryanti dan Agasty Maulida. Adapun pendukung musik kontemporer orkestra yang akan diciptakan oleh musisi Bapak Jassin Burhan. Konten Karya : Adanya riset sebelum proses karya pengumpulan aspirasi wanita - wanita pemintal dan penenun,proses karya, pertunjukan, pameran fotografi serta pemutaran video dokumentasi sebagai pendukung pementasan tari karya seni Jalan Benang.

Latar Belakang Proyek

Wanita memiliki banyak sudut tuntutan hidup ada hak maupun kewajiban. Alur hidup wanita bagaikan benang yang dapat kusut bahkan teratur tertata. Mengambil filosofis dari benang yang dapat memiliki banyak fungsional serta persepsi tentang benang menjadikan analogi kehidupan seorang wanita. Melihat sudut dari benang, wanita pemintal dan penenun memiliki keterkaitan pada unsur kehidupan, sudut ekonomi, psikologis serta lainnya. Citra Benang dengan wanita pemintal dan penenun memiliki filosofis yang tersirat maupun tersurat maka karya ini ingin menonjolkan keduanya melalui beberapa dimensi. Adanya 2 orang wanita pemintal dan penenun yang dihadirkan mewujudkan dedikasi yang nyata dari karya ini.

Masalah yang Diangkat

Benang dengan wanita pemintal dan penenun akan menjadi point analogi dalam aspirasi dari berbagai daerah yang telah kami ambil riset. Melalui proses karya akan diwujudkan secara atraktif pertunjukan perpaduan seni rupa, seni tari, seni musik, pameran fotografi hasil riset dan pemutaran video riset aspirasi wanita pemintal dan penenun.

Indikator Sukses

- Tersampaikannya sebuah karya berdedikasi secara support yang ditujukan kepada para wanita pemintal dan penenun - Terdokumentasi aspirasi dari para wanita pemintal dan penenun yang dapat terpublish secara video, foto dan buku. Dapat memberi peluang respon support besar untuk para pemerhati perempuan dalam bidang seni budaya (terutama ditujukan untuk para perwakilan pemintal dan penenun wanita Indonesia)

Lokasi

Surakarta, Jawa Tengah

Dana yang Dibutuhkan

Rp.720 Juta

Durasi Proyek

6 bulan