Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

172 - PAMERAN "THERESIA DAN SENI YANG MEMBUATNYA MENJADI IBU"


Nama Inisiator

Grace Ayu Permono Putri

Bidang Seni

lainnya

Pengalaman

Mulai berkarya di tahun 2015 dalam area managemen seni , menjadi volunteer event seni di Yogyakarta 14 kali dan menjadi Panitia serta menyelenggarakan event seni di Yogyakarta 17 kali, event termasuk 10 diantaranya berSkala Nasional dan Internasional. Memiliki media seni di instagram/Fanspage/fb dan twitter yaitu @grace.artevent.

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

https://www.instagram.com/grace.app/

Kategori Proyek

lintasgenerasi

Deskripsi Proyek

Saya akan mengumpulkan arsip dan dokumentasi Theresia dalam berkarya , mulai dari awal hingga saat ini . yang nantinya akan menghasilkan katalog anotasi yang berisi riwayat/artefak seniman itu selengkap-lengkapnya, mulai dari arsip/dokumen , foto-foto, katalog pameran, kliping , sketsa dan lembar arsip kerja. Setelah menghasilkan arsip ini , saya akan membuat kuratorial dan Pameran Anotasi Theresia Agustina Sitompul

Latar Belakang Proyek

Arsip dan Dokumentasi , Kuratorial, dan Tata Kelola Pameran adalah beberapa mata kuliah di jurusan tata Kelola Seni ISI S1 . tahun lalu tugas arsip dan dokumentasi tidak dapat saya selesaikan karena terhambat biaya, alat, waktu serta keinginan saya yang tinggi sebagai pengelola seni membuat tugas ini terasa sangat berharga. tidak cukup dengan menghasilkan sebuah katalog anotasi saya ingin membuat kuratorial dan memamerkannnya. saya ingin 3 in 1 itu terjadi. Karena merasa tertantang maka semester lalu tugas mata kuliah "arsip dan dokumentasi" saya lepas/ tidak saya kerjakan dan saya kembali mengambil kembali mata kuliah "Arsip dan Dokumentasi" di semester ini dan berencana mewujudkan mimpi saya. Selain itu mbak tere yang telah saya pilih karena kedekatan nya dengan saya membuat saya penasaran dengan jalan dan seni yang dia ambil, yang membuatnya memiliki kekuatan sebagai Single Parent , berjuang Yog-Solo untuk mengajar di sebuah perguruan tinggi negeri di Solo dengan tetap konsisten dalam berkarya dan berkegiatan baik didalam komunitasnya Grafis Minggiran ataupun mengurus Ruang Berkarya/rumah tinggalnya saat ini. Semangat nya itu menular kepada saya untuk mewujudkan gagasan ini bersamanya.

Masalah yang Diangkat

dari segi (arsip)adalah kurangnya kesadaran seniman dalam mengarsipkan dan mendokumentasikan karya dan proses berkarya serta mengaturnya agar mudah dicari dan di olah kembali dikemudian hari. (seniman wanita) Membuka arsip dan mengurutkan setiap kejadian guna pembelajaran dikemudian hari bagi para calon seniwati dengan melihat proses Theresia yang memiliki banyak peran ( Seniman, ibu , pengurus komunitas, dosen dan masyarakat seni serta pengelola seni) dalam proses berkarya dan menikmati kehidupan, lalu (pengelola seni) Perlunya mempraktekan proses mengamati, menelaah dan menghasilkan kuratorial , membuat pameran seni rupa bagi para seniwati dan menjadikannya pembelajaran serta rangsangan bagi para calon pengelola seni.

Indikator Sukses

yang pertama, tugas Arsip dan Dokumentasi saya selesai dan mendapat nilai A, kedua tidak hanya mengarsipkan namun juga membuat kuratorial dan pameran adalah salah satu membelajaran yang dapat di bagi di Jurusan saya tata kelola seni dan memberi rangsangan bagi para mahasiswa kelola yang lain untuk mengarsipkan, membuat kuratorial dan menyelenggarakan pameran bagi para seniman, ketiga pameran anotasi Theresia ini menjadi Arsip baru dan penanda bagi kehidupan Theresia sendiri serta pembelajaran bagi calon seniman/seniwati dengan melihat proses Theresia masa lalu hingga masa kini dalam lingkup berkarya seni yang ia alami, keempat terselenggaranya pameran anotasi Theresia ini mampu menyadarkan seniman akan pentingnya pengarsipan dalam berkarya , mendokumentasikan segala kejadian yang terjadi yang akan berguna pada saat ada masalah yang terjadi misal dalam legalitas / pemalsuan karya seni dan bagi proses pembelajaran dikemudian harinya bagi para calon seniman/seniwati serta calon pengelola seni.

Lokasi

DI Yogyakarta

Dana yang Dibutuhkan

Rp.200 Juta

Durasi Proyek

5 bulan