Anda berada di mode pratinjau.
| | |

Pemohon Hibah

Ayu Saraswati


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

musik

Pengalaman Berkarya

5 tahun

Situs Web

http://serunai.co/pratayang/2016/07/18/ismail-basbeth-film-bagus-harus-punya-makna-lebih-dalam/

Media Sosial

https://soundcloud.com/mengayun-kayu/mengayun-kayu-aku-perempuan

Proyek


No. Formulir

162

Judul Proyek

“Titian Puan : Perjumpaan Seni Perempuan Lintas Generasi”

Lokasi Proyek

Berpusat di Yogyakarta, namun sejumlah pihak yang terlibat di dalam proyek ini bisa berasal dari daerah lain di Indonesia.

Deskripsi Proyek

Proyek ini akan menjembatani pertemuan lima perempuan pelaku seni yang masih pemula dengan lima perempuan pelaku seni senior. Pertemuan itu akan melahirkan karya-karya seni kolaborasi perempuan lintas generasi dan lintas bidang, yang diharapkan bisa ditampilkan kepada publik pada peringatan hari Ibu (atau peringatan kongres perempuan Indonesia pertama), pada 22 Desember. Proyek ini mula-mula akan melibatkan lima perempuan pelaku seni muda untuk terlibat. Bidang seninya bisa dari seni musik, seni rupa maupun pertunjukan. Selanjutnya mereka akan diajak untuk memilih sosok lebih senior yang selama ini telah menjadi salah satu sosok inspirasinya. Para perempuan pelaku seni lintas generasi dan lintas bidang itu kemudian akan didorong untuk berkolaborasi menciptakan karya bersama, dengan membuka berbagai kemungkinan yang terjadi di dalamnya. Dalam proses kolaborasi itu, ada proses-proses dialog antarperempuan lintas generasi yang akan direkam dalam bentuk tulisan maupun video untuk dipublikasikan sebagai bagian dari proyek ini. Dengan demikian, proyek ini tidak hanya akan menghasilkan karya seni, namun juga produk pengetahuan yang bisa diakses oleh publik, khususnya perempuan. Proyek ini digarap oleh satu tim yang terdiri dari kurator, penulis, dokumentator serta pengelola proyek yang seluruhnya adalah perempuan.

Kategori

lintasgenerasi

Latar Belakang Proyek

Ide terkait proyek ini muncul karena melihat tidak mudahnya (bukan berarti tidak ada) menemukan sosok pelaku seni perempuan muda (di bawah 25 tahun), khususnya di Yogyakarta, yang berbicara lantang tentang isu perempuan dalam karya-karyanya. Banyak yang pelaku seni muda di bidangnya masing-masing yang potensial secara teknik, namun tidak banyak yang benar-benar terjun dan menyelami berbagai isu perempuan. Pemahaman tentang isu perempuan menjadi salah satu penyebabnya. Oleh karena itu, menyediakan ruang yang bisa mempertemukan perempuan pelaku seni muda dengan sosok senior yang telah banyak membicarakan isu perempuan dalam karyanya diharapkan bisa mendorong si perempuan pelaku seni muda untuk lebih menyelami isu perempuan sehingga bisa mempengaruhi karya-karyanya berikutnya. Selain itu, jembatan yang diciptakan melalui proyek ini diharapkan bisa memupus rasa sungkan, takut, ragu maupun malu dari yang muda untuk belajar dari kepada mereka yang lebih senior. Mengingat proyek ini hanya bisa menjembatani sedikit orang, maka menyebarluaskan pengetahuan yang muncul dalam proses pertemuan perempuan lintas generasi itu menjadi penting. Oleh karena itu, selama proses berlangsung, secara berkala akan ada publikasi berupa tulisan maupun video terkait proses tersebut, sehingga semangat dari proyek ini diharapkan bisa menjangkau perempuan-perempuan lain yang tidak terlibat di dalamnya.

Masalah yang Diangkat

Proyek ini diharapkan bisa menjadi ruang dialog yang mendorong tumbuhnya sosok-sosok perempuan pelaku seni yang ke depan akan menghadirkan perspektif perempuan dalam karya-karyanya. Selain itu, secara umum proyek ini juga menjadi ruang untuk memulai upaya literasi seni perempuan yang dalam tahap awal ditandai dengan upaya publikasi dan dokumentasi pengetahuan selama proyek berlangsung. Upaya publikasi dan dokumentasi pengetahuan tentang seni perempuan semacam itu diharapkan bisa berkelanjutan pascaberlangsungnya proyek ini.

Durasi Proyek

9 bulan

Indikator Sukses

Adanya publikasi berkala terkait proses proyek baik dalam bentuk tulisan maupun video Adanya pameran karya seni kolaborasi perempuan lintas generasi pada peringatan hari Ibu

Dana Hibah

Rp.188 Juta