Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

159 - Eksplorasi alat tenun untuk perempuan Sasak, Lombok


Nama Inisiator

Lucky Wijayanti

Bidang Seni

kriya

Pengalaman

Lebih dari 20 tahun

Contoh Karya

P_20171008_173213.jpg

Situs Web

Media Sosial

Facebook, you tube

Kategori Proyek

riset_kajian_kuratorial

Deskripsi Proyek

Kegiatan ini merupakan bagian dari riset program Doktoral yang sedang saya jalani. Riset utamanya tentang posisi perempuan bangse Sasak di Lombok. Kegiatan menenun merupakan bagian dari pembudayaan ritual pada masyarakat Sasak, dan dikerjakan oleh kaum perempuan dari usia muda sampai tua. Proyek eksplorasi alat tenun merupakan bagian dari riset program Doktoral yang dapat dikembangkan dan diaplikasikan kepada para perempuan penenun di Lombok. Hal ini berdampak pada bertumbuhnya budaya tenun dan pendapatan ekonomi.

Latar Belakang Proyek

Para penenun bekerja dengan alat tenun gedhogan, yang menghasilkan produk tenun dengan ukuran terbatas, maksimum 4 meter. Eksplorasi Alat Tenun Bukan Mesin dapat membuat panjang kain menjadi 50 meter. Menggunakan alat tenun baru, kemungkinan kebutuhan produk tenun dapat meningkatkan dan bermanfaat pada peningkatan ekonomi keluarga.

Masalah yang Diangkat

1. Produksi alat tenun, akan membutuhkan biaya. 2. Sosialisasi ke daerah Lombok kepada para penenun 3. Konservasi dan riset ketersediaan tanaman kapas sebagai bahan baku tenun 4. Peluang produksi kain tenun dengan bahan baku kapas 5. Pemberdayaan dan kemandirian ekonomi perempuan.

Indikator Sukses

1. Terciptanya Alat Tenun Bukan Mesin yang memadai dan fleksibel 2. Para penenun perempuan dapat memproduksi produk tenun 3. Pameran hasil produksi 4. Terjalin kerjasama pemasaran produk tenun dari penenun ke konsumen.

Lokasi

DI Yogyakarta, Pekalongan, Lombok, Jakarta.

Dana yang Dibutuhkan

Rp.150 Juta

Durasi Proyek

9 bulan