Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

144 - Rekayasa Kain Ecoprint & Natural Dyieng


Nama Inisiator

Dra. Nining Irianingsih

Bidang Seni

kriya

Pengalaman

1 tahun 8 bulan

Contoh Karya

20171013_201255.jpg

Situs Web

Media Sosial

Instagram @kaenkriya

Kategori Proyek

riset_kajian_kuratorial

Deskripsi Proyek

Proyek yang saya mohonkan adalah menggali dan bereksperimen tentang teknik-teknik ecoprint dan pewarnaan alami yang diterapkan pada kain. Ecoprint merupakan sebuah kriya seni, memindahkan pigmen warna dari berbagai tumbuhan, khususnya daun ke dalam permukaan kain, yang menghasilkan kain dengan motif daun dengan warna-warna alami yang keluar dari tumbuhan itu sendiri. Jenis kain yang dipakai juga kain dengan serat alami seperti katun dan sutera. Daun atau tumbuhan yang dipakai adalah daun yang tumbuh alami baik daun yang umum dikenal seperti daun jati dan daun-daun liar yang tumbuh begitu saja.

Latar Belakang Proyek

Kriya adalah kesukaan/hobi saya sejak kecil. Mulai dari menyulam, menjahit berbagai produk interior, melukis dan akhirnya menemukan yang paling menggugah minat yaitu merekayasa kain polos menjadi punya motif dan warna. Teknik ikat celup seperti jumputan dan yang mengacu pada teknik Jepang yaitu shibori menjadi awalnya dan berkembang pada ecoprint. Bila batik telah bisa diterima sebagai sebuah karya, ecoprint masih sulit untuk mendapat minat dan apresiasi dari banyak kalangan. Padahal cabang kriya ini sangat memungkin menjadi sumber penghasilan bagi kaum perempuan baik secara sendiri (dikerjakan sendiri) maupun dikerjakan secara komunal oleh sesama kaum perempuan. Karena itu, bila saya semakin menguasai kriya ini dengan lebih paham secara teori dan praktikal, saya mengharapkan bisa menjadi ladang usaha dan sumber penghasilan. Saya pun ingin membentuk satu komuniti perempuan yang mempunyai minat sama untuk membuat proyek ini menjadi sumber penghasilan.

Masalah yang Diangkat

1. Masalah yang saya hadapi adalah tidak mempunyai dana untuk mengikuti pelatihan di beberapa studio/bengkel kerja yang ada di luar wilayah tinggal saya dan untuk melakukan lebih banyak percobaan. 2. Masalah lain adalah minimnya penguasaan saya pada bagian administrasi/ manajemen usaha yang profesional agar usaha berkembang dengan baik.

Indikator Sukses

1. Menghasilkan produk yang indah, unik dan berciri khas "itu karya saya" 2. Produk diminati dan di dibeli 3. Mempunyai sebuah komuniti perempuan pengusaha 4. Bisa menggelar sebuah pameran hasil karya,

Lokasi

Banten/Tangerang Selatan

Dana yang Dibutuhkan

Rp.125 Juta

Durasi Proyek

6 bulan