Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

138 - Riset Penulisan Novel tentang Istri Seorang Eksil


Nama Inisiator

Mutia Sukma

Bidang Seni

sastra

Pengalaman

12 Tahun

Contoh Karya

pertanyaan tentang dunia.pdf

Situs Web

https://lakonhidup.com/category/mutia-sukma/

Media Sosial

http://basabasi.co/tag/puisi-mutia-sukma/

Kategori Proyek

riset_kajian_kuratorial

Deskripsi Proyek

Proyek Riset Penulisan Novel ini terdapat tiga tahapan. Tahapan pertama yaitu melakukan Riset dengan cara wawancara, studi pustaka, dan merekam suasana yang kira-kira dapat memperkuat latar cerita yang berguna dalam penulisan novel. Hal pertama yang dilakukan dalam riset ini yaitu mengumpulkan bahan pustaka sebanyak-banyaknya mengenai Istri Eksil. Bahan Pustaka tersebut kemungkinan dapat dicari di Perpustakaan Nasional, ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia), Perpustakaan UGM, Perpustakaan UI, buku-buku yang ada dipasaran dll. Setelah mengumpulkan bahan, maka diharapkan bahan pustaka tersebut dapat merujuk kepada nama-nama tokoh yang akan di wawancarai. Perkiraan awal, tokoh yang akan diwawancarai berada di sekitar Jawa, Sumatra dan bila memungkinkan Eropa. Pada tahap terakhir, yaitu mengunjungi tempat yang representatif menggambarkan suasana pada novel yang akan ditulis. Estimasi waktu riset yaitu 2 bulan. Setelah Riset selesai, tahap berikutnya adalah penulisan novel. Yang dilakukan dalam tahap penulisan yaitu menarasikan hasil riset dan juga bimbingan dengan mentor. Mentor yang dipilih adalah orang yang memiliki keahlian di bidang Sastra juga pengetahuan mengenai sejarah khususnya Eksil. Estimasi waktu yang dibutuhkan 6 bulan. Diharapkan selama 6 bulan, Novel secara garis besar sudah dituliskan.

Latar Belakang Proyek

Tahun 1965 adalah tahun yang traumatik bagi sebagian orang Indonesia. Diantara orang yang dimaksud, mereka adalah kelompokl Eksil, para Eksil rata-rata adalah orang yang mendapatkan kesempatan dari Pemerintah Soekarno untuk melanjutkan kuliah, mendatangi pekan kebudayaan serta duta negara Indonesia di wilayah-wilayah Blok Timur. Sehingga ketika terjadi peristiwa 1965, seluruh orang yang berada di wilayah tersebut dilarang pulang ke Indonesia karena dianggap Komunis, meskipun sebenarnya sebagian dari mereka adalah Sosialis. Projek Riset dan penulisan Novel ini, berangkat dari sebuah puisi yang ditulis oleh salah satu Eksil bernama Agam Wispi yang berjudul “Istri”. Puisi tersebut menggambarkan kisah tentang perceraian Agam dengan istrinya setelah mereka dipaksa oleh keadaan untuk berpisah. Setelah dilakukan penelitian dan mencari data di luar teks ditemukan fakta bahwa Agam tahun 2001 datang lagi ke Indonesia yang dia lakukan, salah satunya yaitu mengurus perceraian dengan istrinya. Ketika peristiwa 1965 terjadi Agam sedang erada di Beijing untuk menghadiri Kongres Kebudayaan. Akhirnya secara terpaksa Agam dan Istrinya terpisah. Lalu bagaimana nasib si istri ketika suaminya “menghilang”? Apakah ada komunikasi? Bagaimana Istri meneruskan hidup mereka? Istri Agam adalah representasi korban gejolak politik. Kajian mengenai 65 sudah sering diangkat, namun spesifik mempersoalkan nasib Istri adalah hal yang baru.

Masalah yang Diangkat

Hibah ini diharapkan dapat membantu saya untuk dapat mengakses data sebanyak-banyaknya mengenai Istri Eksil, dengan cara membiayai seluruh hal yang berkaitan dengan pengambilan data serta penulisan novel. Data tersebut diharapkan dapat menjawab pertanyaan bagaimana liku-liku cerita mereka mempertahankan hubungan, percintaan, dan keluarga yang terbentur persoalan sosial. Riset pada Novel ini juga mengajukan salah satu elemen yang mungkin tidak dapat dipenuhi oleh Hibah Cipta Media Ekspresi yaitu kunjungan ke Eropa untuk melakukan wawancara dengan para Eksil yang pada akhirnya menjadi warga negara Eropa. Elemen tersebut tetap diajukan karena apabila dikabulkan maka terjadi Ruang Gesekan Penciptaan antar perempuan Indonesia, apalagi istri Eksil yang pada akhirnya memilih mukim di Eropa karena menyusul suaminya, telah lama mengalami ketercerabutan budaya, maka dengan hadirnya riset ini terjadi lagi persinggungan wacana antara Istri Eksil sebagai pelaku sejarah dan Periset sebagai pembaca sejarah formal yang memungkinkan untuk mendapat narasi tambahan sejarah.

Indikator Sukses

Data riset terkumpul, novel ditulis dan dapat dibaca seluas-luasnya masyarakat.

Lokasi

Sumatra, Jawa dan bila memungkinkan Eropa

Dana yang Dibutuhkan

Rp.74 Juta

Durasi Proyek

9 bulan