Anda berada di mode pratinjau.
| |

Pemohon Hibah

Sekar alit setya putri


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

seni_pertunjukan

Pengalaman Berkarya

10 tahun

Contoh Karya

Situs Web

https://youtu.be/rDwYc30o9wc

Media Sosial

Ig @sekar.alit.sp , fb : Sekar Alit, ig @sawungdance

Proyek


No. Formulir

134

Judul Proyek

Ruang Kecil dari Gang Dolly

Lokasi Proyek

Surabaya,Jawa Timur

Deskripsi Proyek

Menampilkan beberapa karya pertunjukan tari,musik dan teater yang dikemas dalam bentuk festival untuk menyuarakan ekspresi anak-anak dan perempuan pasca ditutupnya lokalisasi dolly di Surabaya.pertunjukan akan digelar di sepanjang Jalan gang Dolly.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Saya lahir dan bertumbuhkembang di kota besar yang dekat dengan lokalisasi prostitusi Dolly. Memori sejak kecil tentang prostitusi dan kegilaannya menghantui hati nurani untuk memberikan sesuatu di kawasan ini. Tahun 2014,Dolly ditutup oleh pemerintah melahirkan banyak polemik yang kompleks.kawankawan saya berbagi cerita pedih mereka yang mendorong jiwa saya menciptakan karya "dolly"2014 dan "ex-dolly"2017. Selama proses berkarya tsb,saya terikat secara emosional dengan mereka dan berupaya memberikan support atas semangat kebangkitan mereka. Berbagai cerita tentang dolly,penutupan dan berbagai persoalannya akan diungkap melalui pertunjukan seni yang diharapkan mampu menjadi media berekspresi dari jeritan hati yang tak terdengar.proyek ini sudah direncanakan sejak 2014, namun hingga kini belum terlaksana karena terkendala sponsor,biaya dll. Padahal saya optimis,proyek ini akan sangat bermanfaat bagi pengembangan mental kaum perempuan di dolly khususnya.

Masalah yang Diangkat

Dolly,dulu berjajar para wanita yang sengaja diperkerjakan sebagai PSK, kini sudah tak ada lagi. Namun dolly yang kini menarik simpati banyak orang itu seakan tetap membisu. Apakah persoalan prostitusi selesai? Apakah eksploitasi dan pelecehan seksual tidak ada lagi? Dan apakah anak-anak kini telah aman dari perilaku seksual menyimpang? Jawabannya BELUM. Festival ini justru akan bersuara tentang hal-hal yang belum di dengar,dan harapannya pemerintah akan jauh bersimpati terhadap proses pengungkapan ide kreatif dan tidak melulu mendorong para perempuan bergelut pada dunia UMKM saja sehingga festival ini nantinya dapat diwadahi pemerintah dan menjadi agenda kota Surabaya.

Durasi Proyek

8 bulan

Indikator Sukses

Anak-anak dan perempuan yang tinggal di wilayah eks-lokalisasi memiliki ruang berekspresi secara rutin. Masyarakat mendapat tontonan yang penting untuk dicatat dalam sejarah. Pemerintah kota Surabaya tertarik akan keberadaan Festival ini dan selanjutnya dapat diwadahi dan diteruskan hingga mampu menarik wisatawan.

Dana Hibah

Rp.350 Juta