Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

1270 - Film Pendek "Hujan Bulan Juni"


Nama Inisiator

Intan Nadya Maulida

Bidang Seni

audiovisual

Pengalaman

3 tahun

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

Kategori Proyek

akses

Deskripsi Proyek

Ini adalah proyek film pendek yang bercerita tentang 3 karakter perempuan dengan kesepian dan kekalutannya masing-masing. Yuni (23 tahun), seorang pramurukti yang bertugas di rumah Maryam (65 tahun), seorang ibu yang tinggal seorang diri di rumahnya semenjak ditinggal oleh anak semata wayangnya, Sarah, yang berusaha patuh pada keinginan suaminya untuk tinggal di luar kota. Maryam sangat bergantung pada Yuni, sebab kecelakaan setahun silam membuat kedua kakinya lumpuh. Sementara di rumah Yuni, Juriah (50 tahun), ibu kandung Yuni, tengah tergolek sakit. Yuni dirundung dilema hebat untuk memilih merawat Maryam atau ibunya. Begitu pula dengan Sarah, yang sangat ingin pulang untuk merawat ibunya, namun ia tak berani melawan suaminya yang berkehendak lain. Sementara Maryam yang sangat memahami kondisi Sarah, diam-diam menyimpan lukanya, di balik ketegarannya menghadapi penyakitnya. Mereka saling berduka dalam sepi masing-masing.

Latar Belakang Proyek

Ide ini tercetus dari pengalaman pribadi saya menjelang kepergian ibu saya karena suatu penyakit. Melalui rasa penyesalan yang saya alami, saya hendak menjadikan proyek ini sebagai persembahan untuk almarhumah ibu saya, yang hingga menjelang napas terakhirnya, ia mampu berusaha tetap tegar.

Masalah yang Diangkat

Bahasan utama dalam proyek ini adalah megenai relasi antara perempuan dan segala kepawaiannya merahasiakan isi hati. Sering kita mendengar orang berkata bahwa perempuan lebih mampu menyembunyikan luka, dan menahan rasa sakit dari pada laki-laki. Dan saya amat sangat setuju dengan ungkapan tersebut.

Indikator Sukses

Mendapat ruang putar di festival-festival film yang mengangkat tema perempuan khususnya.

Lokasi

DI Yogyakarta

Dana yang Dibutuhkan

Rp.44 Juta

Durasi Proyek

9 bulan