Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

1268 - Ma'Bua' (Mencapai Kesempurnaan)


Nama Inisiator

Densiel Prismayanti Lebang

Bidang Seni

seni_pertunjukan

Pengalaman

5 tahun

Contoh Karya

Situs Web

https://densielpl.wixsite.com/interactionspace https://www.youtube.com/channel/UCIvO3u_suxnKCcQBKstnVBg

Media Sosial

Instagram : @densiellebang @interactionspace

Kategori Proyek

akses

Deskripsi Proyek

Ma'bua adalah acara syukur di toraja atas rumah (Tongkonan) yang didapatkan. Tongkonan adalah rumah tradisional masyarakat Toraja. Terdiri dari tumpukan kayu yang dihiasi dengan ukiran berwarna merah, hitam, putih dan kuning. Kata “tongkonan” berasal dari bahasa Toraja "tongkon" yang artinya duduk. Selain rumah, Tongkonan merupakan pusat kehidupan sosial suku Toraja. Ritual yang berhubungan dengan rumah adat ini sangatlah penting dalam kehidupan spiritual suku Toraja. Oleh karena itu semua anggota keluarga diharuskan ikut serta karena melambangkan hubungan mereka dengan leluhur mereka.

Latar Belakang Proyek

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana kontribusi dan peran perempuan toraja dan kedudukannya pada tongkonan, yang artinya bukan hanya pada posisinya di rumah tapi juga di sosial masyarakat, atau di manapun dia berada.

Masalah yang Diangkat

Sampai hari ini kedudukan perempuan di masyarakat masih menempati posisi kelas dua di bawah laki-laki. Hal ini berlaku di setiap ranah kehidupan baik itu di keluarga, gereja dan masyarakat. Penelitian ini bermaksud untuk melihat lebih dekat lagi persoalan-persoalan perempuan. Menurut saya pembaharuan adalah hal yanb paling relevan sebagai upaya meresponi persoalan yang muncul terkait dengan peran dan kedudukan perempuan dalam konteks Toraja. Dengan model Feminis Pembaharuan diharapkan tercapai perubahan baik dalam struktur sosial maupun dalam sikap individu yang membebaskan perempuan dari unsur-unsur ketertindasan dan ketidakadilan dari peranan stereotipe yang ada.

Indikator Sukses

Ketika segala pertanyaan dan kegelisahan saya terjawab.

Lokasi

Tana Toraja

Dana yang Dibutuhkan

Rp.35 Juta

Durasi Proyek

4 bulan