Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

1266 - Produk Rajutan dari Kantung Kresek Bekas


Nama Inisiator

Tisa Granicia

Bidang Seni

seni_rupa

Pengalaman

Lebih dari 3 tahun

Contoh Karya

Situs Web

http://tisagranicia.blogspot.co.id/

Media Sosial

https://www.instagram.com/rapu___/

Kategori Proyek

kerjasama_kolaborasi

Deskripsi Proyek

Merajut kantung plastik (kresek) bekas, memberdayakan ibu- ibu di lingkungan sekitar. Membuat produk dari kantung kresek bekas tersebut, membuka lapangan kerja bagi para perempuan yang tinggal di sekitar tempat saya tinggal. Menciptakan produk yang ramah lingkungan, sustainable, mengurangi sampah plastik.

Latar Belakang Proyek

diawali dari kegemaran Ibu saya sendiri mengumpulkan kantung kresek bekas untuk kemudian dirajut menjadi taplak., tadinya Ibu yang mengerjakan sendiri, sekarang Ibu sudah memiliki 2 asisten lepas. Adalah Ibu-ibu rumah tangga yang tinggal di kampung dekat tempat tinggal kami, mereka rajin bertandang ke rumah kami untuk belajar bagaimana mengolah kantung plastik bekas menjadi lembaran pita plastik panjang yang siap dirajut. Saya merasa hal ini punya keunikan tersendiri dan pasti potensial. Lalu saya memutuskan untuk membagi konsentrasi usaha keramik dengan juga mendesain tas tas kecil untuk bahan rajutan Ibu dan teman-temannya, lalu saya mulai membuat brand nya, dan menjual kecil- kecilan di craft market di Bandung. Satu mimpi saya dan Ibu, suatu saat nanti pekerja rajutan ini semakin banyak, dan dari hasil merajut ini dapat menaikkan taraf hidup mereka, kelak.

Masalah yang Diangkat

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa limbah berupa kresek adalah limbah yang berbahaya, dan butuh waktu yang sangat sangat lama, untuk kantung plastik yang memiliki tebal sepersekian milimeter butuh waktu 1000 tahun untuk dapat benar benar terurai, belum lagi platik yang berwarna hitam ternyata sangat sangat berbahaya bagi kesehatan jika digunakan langsung sebagai pembungkus makanan. Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan RI (POM) telah mengeluarkan "Peringatan Publik/Public Warning" Nomor: KH.00.02.1.55.2890 tentang Kantong Plastik "Kresek", di dalam suratnya itu telah disebutkan penyebab bahayanya kantung kresek hitam, serta larangan untuk memakainya sebagai pembungkus makanan.* Dari situ saya hanya membayangkan, mungkin saya bisa memperpanjang hidup si kantung kresek hitam sambil menunggu dirinya terurai.

Indikator Sukses

Jika produk bisa dijual di dalam dan di luar negeri secara berkesinambungan. Berhasil menjual produk tersebut secara on-line, dan juga off line, dikenal secara lokal dan internasional. Bisa menghidupi banyak ibu rumahtangga yang tinggal di sekitar rumah saya.

Lokasi

Sindangjaya, mandalajati Bandung

Dana yang Dibutuhkan

Rp.50 Juta

Durasi Proyek

6 bulan