Anda berada di mode pratinjau.
| | |

Pemohon Hibah

Naafi Nur Rohma


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

seni_rupa

Pengalaman Berkarya

3 tahun

Situs Web

http://pinupinapple.wixsite.com/pinupinapple

Media Sosial

@naafinurrohmaillustration

Proyek


No. Formulir

1236

Judul Proyek

Never Stop Learning

Lokasi Proyek

Surabaya

Deskripsi Proyek

Proyek yang akan saya lakukan adalah membantu para perempuan, khususnya Ibu rumah tangga yang tidak bekerja kantoran untuk tetap berkarya dan dapat menghasilkan uang dari karya mereka. Bantuan yang akan saya berikan berupa pembelajaran, latihan dasar-dasar menggambar dengan watercolor. Selain itu, untuk mempermudah pelatihan, maka saya juga akan membuat sebuah buku pembelajaran atau buku pendamping, yaitu "Watercolor Illustration" yang nantinya buku ini full color, berisi tentang langkah-langkah membuat karya illustrasi menggunakan media watercolor. Mulai dari Pengenalan apa itu watercolor, media watercolor, peralatan sampai tips pemilihan media yang memiliki kualitas baik. Buku ini nanti juga berisi teknik dasar watercolor sampai proses pewarnaan, mulai dari hewan, manusia, tumbuhan sampai benda-benda mati. Lalu buku ini juga berisi tips-tips berkarya menggunakan media watercolor. Pembelajaran dilakukan selama kurang lebih enam bulan. Dalam satu bulan ada 4 kali pertemuan. Dalam waktu 24 kali pertemuan ini akan beljar dari proses sketsa sampai tahap pewarnaan menggunakan watercolor. Hasil akhir dari pembelajaran ini adalah para perempuan, khususnya ibu rumah tangga yang tidak bekerja kantoran dapat memiliki kemampuan menggambar illustrasi dengan media watercolor, lalu dapat mengaplikasikan hasil karya mereka ke berbagai media, seperti post card, tas, kaos, tote bag, calender. Hasil karya mereka pun dapat dijual melalui media online.

Kategori

perjalanan

Latar Belakang Proyek

Proses terbentuknya gagasan proyek ini adalah bahwa banyak Ibu Rumah Tangga yang tidak dapat bekerja full di kantor. Sebuah kreativitas tidak akan muncul atau tidak akan nampak jika tidak ada stimulusnya. Pelatihan-pelatihan menggambar bertujuan untuk menstimulus kreativitas Ibu-Ibu Rumah Tangga sehingga mereka dapat menuangkan imajinasi mereka ke dalam bentuk visual karya pada berbagai media watercolor.

Masalah yang Diangkat

Banyak Ibu Rumah Tangga yang tidak bekerja kantoran dikarenakan memilih lebih fokus mendidik anaknya dan tidak bisa meninggalkan anaknya. Mereka adalah Ibu-Ibu yang memiliki gelar diploma maupun sarjana. Meskipun menjadi Ibu rumah tangga, tetapi mereka tetap memiliki hak untuk berkarya dan mendapatkan apresiasi. Masalahnya adalah mereka adalah Ibu-Ibu yang tidak dapat sepenuhnya bekerja karena mereka harus mengurus anak-anak mereka sehingga mereka tidak memiliki akses untuk mendapatkan ruang berkarya untuk mendapatkan pelatihan yang layak . Untuk mendapatkan pendidikan yang layak pun mereka membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Contohnya saja untuk mengikuti workshop watercolor bisa harus mengeluarkan berapa banyak biaya, sedangkan mereka mungkin hanya memiliki penghasilan yang pas-pasan. Kreativitas mereka tidak akan dapat tersalurkan. Saya ingin memberikan pengetahuan, support yang seluas-luasnya untuk para perempuan ibu rumah tangga untuk berkarya .Hibah ini membuka hati, pikiran saya untuk membuatkan pelatihan dasar menggambar. Menggambar dapat menjadi media mereka untuk bercerita apa saja. Selain itu, mereka juga dapat berkarya dan karya-karya mereka juga dapat menghasilkan uang. Oleh sebab itu, masalah yang diangkat adalah supaya semua perempuan ibu rumah tangga ini dapat memiliki peluang yang sama dengan perempuan pekerja kantoran yang lain dalam menciptakan sebuah karya sebagai side job meskipun mereka memiliki keterbatasan waktu, dana dan ruang berkarya.

Durasi Proyek

6 bulan

Indikator Sukses

Ukuran keberhasilan proyek saya adalah terpenuhinya tingkat kepuasan dari masyarakat khususnya masyarakat perempuan,ibu-ibu rumah tangga serta mereka dapat mengaplikasikannya ke media selain kertas dan dapat menjualnya. Adanya peningkatan pemahaman seorang ibu rumah tangga dalam membuat illustrasi dan pengetahuan bahwa di era digital mereka dapat mencari uang tidak harus bekerja kantoran tetapi bisa via online. Untuk mengukur keberhasilan dari proyek ini adalah dengan menjadikan perempuan atau ibu rumah tangga tersebut sebagai objek penelitian saya. Objek penelitian yang akan saya observasi memiliki tiga kondisi, yaitu: sedang hamil, memiliki anak usia 0-8 tahun dan ibu-ibu berstatus sosial menengah ke atas. Metode yang saya lakukan adalah mengambil 100 orang ibu-ibu rumah tangga dari range usia pernikahan muda sampai ibu yang memiliki anak di usia 0-8 tahun dari beberapa lokasi berbeda di Surabaya dari status sosial menengah ke atas. Mereka saya beri pelatihan, pendampingan dan buku pendamping pelatihan watercolor illustration . Kemudian mereka diminta untuk mempelajari dan menerapkan apa yang ditulis dalam buku pelatihansebagai sarana atau media pembelajaran, sekaligus memanfaatkan media yang telah disediakan. Setelah mereka dilatih, beberapa bulan berikutnya akan dilihat hasilnya dan diuji kevalidannya untuk mengukur keberhasilan dari proyek ini. Ukuran keberhasilan untuk ibu, diambil dari hasil interview, tes tulis, dan mengisi angket.

Dana Hibah

Rp.380 Juta