Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

1235 - Dongeng Perempuan di Pedalaman Kalimantan Timur


Nama Inisiator

Aloycia Devi Ratna Sari Haran

Bidang Seni

lainnya

Pengalaman

6 tahun

Contoh Karya

Situs Web

https://vallettaco.wordpress.com/

Media Sosial

@ah51512 (instagram)

Kategori Proyek

riset_kajian_kuratorial

Deskripsi Proyek

Dongeng di Kalimantan Timur terutama di Kabupaten Mahakam Ulu dapat terdokumentasi dan dapat terpublikasi bukan hanya di sekitar wilayah Kalimantan dan Indonesia saja, namun di seluruh Dunia. Proyek ini akan mendokumentasikan dongeng dari 50 desa di kabupaten Mahakam Ulu.

Latar Belakang Proyek

Dongeng merupakan sebuah bukti dari sebuah peradaban. Sebagai sebuah bukti, tentu saja kehadirannya sangat penting dalam setiap generasi. Saat ini mendongeng sudah jauh dari kehidupan sehari-hari padahal mendongeng dapat membantu generasi muda membentuk karakter, terutama dongeng yang berkaitan mengenai nilai kemanusiaan, lingkungan dan kedaerahaan.

Masalah yang Diangkat

Sejak kecil, saya terbiasa mendengarkan dongeng yang diceritakan oleh nenek dan kakek saya. Semenjak beliau tidak ada di dunia ini, saya merindukan mendengar dongeng dari mereka. Saat ini saya hanya menginggat sepenggal cerita dari puluhan cerita yang pernah diceritakan kepada saya dan adik-adik saya. Mungkin ini terdengar sangat personal, namun saya melihat bahwa buku cerita dongen yang ada di toko buku merupakan mayoritas cerita dari pulau Jawa saja. Sudah lama saya ingin menjalankan proyek ini, namun untuk mencapai 50 desa di Kabupaten Mahakam Ulu bukanlah hal yang mudah. Terutama untuk seorang perempuan. Medan perjalanan yang sangat sulit dan biaya yang besar merupakan penghalang utama saya. Saya pernah mewawancarai beberapa tetua di beberapa kampung yang bisa saya gapai, banyak cerita yang mereka sampaikan dan banyak sekali aset budaya yang tidak terdokumentasi dengan baik termasuk dongeng. Saya berharap dapat mendengar atau membaca buku yang merupakan dongeng yang berasal dari tanah Kalimantan. Serta sosok pendongeng seperti kakek dan nenek saya dapat terus ada dan semakin banyak.

Indikator Sukses

1. Dokumentasi secara tulisan, foto dan video. 2. Membentuk komunitas mendongeng asli kalimantan 3. Mulai tumbuh kembali budaya mendongeng dalam keluarga 4. Mempublikasikan dongen, baik dalam bentuk buku dan digital

Lokasi

Kalimantan Timur (Kabupaten Mahakam Ulu)

Dana yang Dibutuhkan

Rp.480 Juta

Durasi Proyek

6 bulan