Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

1231 - jejak seni dan budaya kajian Perempuan di Kalimantan Barat


Nama Inisiator

SYF. RATIH KOMALA DEWI

Bidang Seni

penelitian

Pengalaman

3 Tahun

Contoh Karya

Situs Web

www.lpsair.org

Media Sosial

http://www.worldcat.org/title/mencari-ruang-publik-di-warung-kopi-fenomena-warung-kopi-dan-es-teler-di-kota-pontianak/oclc/682831289

Kategori Proyek

riset_kajian_kuratorial

Deskripsi Proyek

Melalui pendekatan analisis kajian penelitian ini menggali potensi tersembunyi dari peran perempuan di ranah seni tradisi dalam membangun ruang budaya di bumi Kalimantan Barat khususnya. Teruntuk membangun pengetahuan melalui seni tradisi yang dihidupi oleh perempuan. Aspek budaya dan peran perempuan dalam merawat kehidupan di tengah hingar bingar kapitalisasi budaya yang mendera, yang seharusnya dapat menjadi landasan bagi gerakan kebudayaan seringkali terabaikan. Peran perempuan di ranah seni memiliki nilai-nilai yang dapat digunakan sebagai sumber inspirasi melalui merekam seni budaya kolektif. Tradisi-tradisi akan tergerus bila peran dan tantangan mereka tidak tercatat dan terakomodir dengan baik, Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan suara budaya yang “terpinggirkan” dan peran perempuan dengan membangun dan mensosialisasikan pengetahuan baru tentang peran perempuan melalui seni tradisi.

Latar Belakang Proyek

Peneliti sekaligus Pegiat Kebudayaan saya melihat banyak hal dalam ranah seni, tradisi dan budaya yang perlu diangkat untuk mendukung khasanah literasi. Salah satunya adalah menggali aspek seni tradisi yang dikembangkan oleh perempuan-perempuan di akar rumput. Saya mengangkat situasi kreativitas perempuan dalam bentuk ensiklopedi dengan upaya mencatat sejarah. Persoalan keberagaman budaya dan rentang wilayah juga menjadi tantangan. Masuknya kapitalisme budaya global terkikisnya kekayaan budaya akan keberagaman suku dan seni tradisi. Tentu saja ini mengancam proses keberlanjutan budaya dan literasi.

Masalah yang Diangkat

Dalam hal ini, tidak tercatatnya secara buku besar peran perempuan di ranah seni, budaya serta kreatifitas dalam naungan tradisi yang merupakan sumber kekuatan budaya. Pemantapan ensiklopedi peran perempuan dalam peradaban budaya melalui seni tradisi di beberapa lokasi di Kalimantan Barat. Mengangkatnya melalui dokumentasi dalam buku, film documenter, maupun video treaser. Momentum hasil karya ini dengan adanya launching dan sosialisasi penerbitan buku dengan diiringi film documenter dan video treaser yang menampilkan seni tradisi perempuan dari daerah penelitian guna penyebaran pengetahuan perempuan, sekaligus keberlanjutan fundraising.

Indikator Sukses

1. Adanya ensiklopedi dari catatan kritis-analitis tentang pemikiran dan peran perempuan dalam ranah seni dan budaya yang mengcover tradisi di Kalimantan Barat. 2. Terbangunnya gerakan literasi yang dapat mengembangkan tradisi kebudayaan melalui FGD keterlibatan pemuda. Konsolidasi dengan pemerintah, pemuka agama, pegiat seni budaya, tokoh adat, peneliti, akademisi dan aktivis di lintas daerah dan disiplin ilmu dalam kegiatan-kegiatan seni, budaya dan kreatifitas. 3. Tersosialisasikannya peran dan suara perempuan dalam seni tradisi melalui diskusi buku, film dokumenter dan video treaser di sekolah, kampus, media dan ruang publik lainnya. 4. Adanya fundraising yang berkelanjutan dari kegiatan dan penjualan buku melalui LPS AIR Publishing--sebagai pemantik gerakan seni tradisi perempuan dari buku dan film yang dihasilkan dari penelitian ini. 5. Upaya memetakan peran perempuan melalui seni, budaya dan kreativitas dengan dokumentasi dan kegiatan ini.

Lokasi

Kalimantan Barat

Dana yang Dibutuhkan

Rp.200 Juta

Durasi Proyek

8 bulan