Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

1222 - Memberi pelatihan musik untuk mencari potensi desa


Nama Inisiator

Dyah murwaningrum

Bidang Seni

musik

Pengalaman

10tahun

Contoh Karya

mix_tak_lelo.mp3

Situs Web

www.dyahmurwaningrum.wordpress.com

Media Sosial

https://m.soundcloud.com/dy-murwaningrum

Kategori Proyek

kerjasama_kolaborasi

Deskripsi Proyek

Memberikan pengenalan dan pengalaman untuk memainkan musik secara serius. Khususnya pada anak-anak atau usia SMP.

Latar Belakang Proyek

Sebuah desa bernama Jatiwangi Majalengka pada 2 tahun terakhir ini sedang naik daun karena maraknya pembahasan mengenai genteng yang sudah tak lagi seoptimal dulu. Diramalkan secara cepat desa ini akan mengalami kemajuan pesat, seiring dibangunnya bandara baru dan banyaknya pabrik-pabrik. Sementara itu masyarakatnya masih dalam kategori pendidikan rendah. Ada kemungkinan besar, bahwa sebagian besar masyarakatnya akan menjadi buruh pabrik, seperti yang sudah tampak saat ini. Menurut saya, kesenian salah satu kekuatan. Melalui musik saya ingin membuka pilihan baru bagi anak-anak yang nantinya akan dewasa ketika desa ini mungkin sudah maju. Kegiatan ini sebenarnya telah beberapa kali saya lakukan bersama teman-teman dalam komunitas saya. Namun jika memungkinkan mendapatkan hibah, kegiatan ini akan dilakukan lebih serius dan dalam jangka waktu agak panjang. Sejauh ini saya lihat, daerah tersebut belum banyak memiliki kekuatan bidang seni, khususnya seni musik. Baik tradisi, barat, maupun kreasi baru yang memadukan keduanya.

Masalah yang Diangkat

Kekuatan musik, sangat mungkin menjadi satu celah cahaya bagi anak-anak di sekitar desa tersebut. Mengingat Jawa Barat juga sangat terkenal dengan desa-desa wisatanya, ada kemungkinan besar kekuatan seni musik turut dibutuhkan seiring. Jika nanti desa ini maju seiring pembangunan, maka kekuatan seni ini akan dibutuhkan.

Indikator Sukses

Jika telah ada sekelompok anak/remaja yang memiliki kelompok musiknya sendiri dengan mengkreasikan cita rasa tradisional dan barat.

Lokasi

Jatiwangi Majalengka

Dana yang Dibutuhkan

Rp.56 Juta

Durasi Proyek

6 bulan