Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

1208 - Potret Perempuan Talang Mamak


Nama Inisiator

Rd. Siti Sofro Sidiq

Bidang Seni

penelitian

Pengalaman

30 tahun

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

Kategori Proyek

riset_kajian_kuratorial

Deskripsi Proyek

Tujuan dari proyek ini adalah mendokumentasikan dan memperkenalkan praktik budaya perempuan suku Talang Mamak sebagai salah satu suku asli di Provinsi Riau. Bentuk dokumentasinya berupa video, foto, dan laporan ilmiah yang mencakup peran, nilai,falsafah, dan makna perempuan dalam berbagai kegiatan sehari-sehari seperti dalam upacara adat (kelahiran, pernikahan, kematian) serta dalam proses pengobatan tradisional. Video dan foto yang telah di dokumentasikan rencananya akan ditampilkan pada pameran peringatan Hari Masyarakat Adat Sedunia pada bulan Agustus sebagai upaya unuk mengenalkan eksistensi Praktik Kebudayaan perempuan Suku Talang Mamak pada masyarakat Indonesia bahkan dunia.

Latar Belakang Proyek

Selama beberapa dekade saya fokus mengkaji dan turut serta dalam program pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil bekerja sama dengan Dinas Sosial maupun Universitas Riau. Suku Talang Mamak merupakan suku asli yang tinggal di hutan dan kehidupannya sangat tradisional dan tergantung pada alam. Saya banyak menemukan kekayaan budaya dan kearifan lokal yang masih dijalankan dengan baik dan kuat oleh perempuan-perempuan suku tersebut. Praktik-praktik ini layak untuk dijaga dan dilestarikan sebagai kekayaan budaya negara kita. Namun sayangnya, pembabatan hutan oleh perusahaan HPH ataupun transmigran yang membuka ladang baru menjadi ancaman yang nyata dan dekat terhadap eksistensi hutan sebagai tempat hidup suku ini. Konsekuensinya praktik-praktik kebudayaan perempuan Suku Talang Mamak juga akan musnah seiring tergesernya suku tersebut. Kajian tentang praktik kebudayaan perempuan Suku Talang Mamak dalam kehidupan sehari-hari perlu untuk di dokumentasikan secara runut dan komprehensif guna mencegah hilangnya bukti kekayaan budaya perempuan Suku asli di Indonesia. Upaya ini juga perlu dilakukan untuk menghindari pendokumentasian oleh orang asing sebagaimana yang terjadi pada Orang laut.Pencegahan dapat pula dilakukan dengan mengajak warga dunia untuk turut serta berpartisipasi dan peduli. Kepedulian masyarakat luas akan membantu Suku Talang Mamak mempertahankan hak hidupnya serta mendorong pemerintah dan berbagai instansi untuk memperhatikan eksistensi Suku ini.

Masalah yang Diangkat

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana peran, nilai, falsafah, makna dan kedudukan perempuan Suku Talang Mamak yang tercermin dalam praktik keseharian mereka seperti dalam upacara adat (kelahiran, pernikahan, kematian) dan dalam pengobatan tradisional?

Indikator Sukses

Indikator kesuksesan proyek ini adalah tersusunnya laporan penelitian tentang praktik kebudayaan perempuan yang dimiliki oleh Suku Talang Mamak Provinsi Riau baik yang bersumber dari penelitian secara langsung, hasil penelitian sebelumnya dan arsip-arsip yang tercecer di berbagai instansi serta dokumentasi berupa video dan foto dari aktifitas-aktifitas tersebut. Selain itu juga terselenggaranya pameran pada peringatan hari masyarakat adat sedunia pada bulan agustus.

Lokasi

Kabupaten Indragiri Hulu Prov. Riau

Dana yang Dibutuhkan

Rp.200 Juta

Durasi Proyek

6 bulan