Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

1207 - The Library of Imaginary Beliefs


Nama Inisiator

Marla Marchiana Vandalia Bohang

Bidang Seni

sastra

Pengalaman

9 tahun

Contoh Karya

Lala Bohang Portfolio.pdf

Situs Web

lalabohang.com

Media Sosial

Instagram @lalabohang

Kategori Proyek

kerjasama_kolaborasi

Deskripsi Proyek

Sebuah pameran dengan menggunakan metode kolektif dan personal berdasarkan eksplorasi dari The Book of Imaginary Beliefs yang akan diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama pada bulan Oktober 2018.

Latar Belakang Proyek

The Book of Imaginary Beliefs merupakan penutup dari seri buku yang terdiri dari The Book of Forbidden Feelings dan The Book of Invisible Questions karya Lala Bohang. Seri ini lahir awalnya berangkat dari keinginan untuk bereksperimen dengan medium yang tidak terbatas pada ruang dan waktu yaitu dengan medium mandiri seperti buku. The Library of Imaginary Beliefs adalah eksplorasi dari The Book of Imaginary Beliefs dalam bentuk pameran kolaboratif yang ingin mengundang publik untuk turut berdialog bahwa kesadaran literasi yang kurang baik memicu timbulnya “kepercayaan/ keyakinan” yang tidak berdasarkan pada pengetahuan dan kesadaran seorang individu. Hal ini turut mendukung kecepatan penyebaran informasi yang tidak benar yang bersifat propaganda dengan memanfaatkan rendahnya kesadaran literasi tersebut.

Masalah yang Diangkat

The Library of Imaginary Beliefs adalah judul pameran sekaligus karya yang dibuat menggunakan metode kolektif dari kolaborator undangan dan open submission yang meminjamkan buku personal yang mewakili “Imaginary Beliefs” versi mereka sendiri yang akan di display layaknya sebuah perpustakaan. Pameran ini adalah sebuah upaya untuk sekadar mengingatkan bahwa “kepercayaan/keyakinan” alangkah baiknya berangkat dari kesadaran literasi dan pengetahuan seorang individu atas lingkungannya melalui metode pameran yang bersifat kolaboratif dan interaktif dengan menggunakan bahasa yang mudah diterima oleh publik. Hal ini dilakukan dengan membuat karya kolaboratif yang mendisplay buku-buku dari kolaborator undangan dan peserta open submission yang meminjamkan buku personal mereka yang mengandung cerita "Imaginary Beliefs" versi mereka sendiri. Diharapkan dari karya ini kesadaran akan "kepercayaan/keyakinan" personal baik yang bersifat prinsipil dan sehari-hari lebih mendapatkan perhatian dan tidak sekedar mengikuti arus dan lingkungan semata.

Indikator Sukses

Kolaborator yang diundang dapat berbagi mengenai buku dan cerita “Imaginary Beliefs” versi mereka dengan bahasa yang mudah dipahami oleh publik. Dan pameran ini dapat mendatangkan minimal 400 pengunjung selama durasi pameran berlangsung.

Lokasi

DKI Jakarta

Dana yang Dibutuhkan

Rp.121 Juta

Durasi Proyek

6 bulan