Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

1181 - Rumah Rahasia Perempuan


Nama Inisiator

Maharani Megananda Suhendro

Bidang Seni

seni_pertunjukan

Pengalaman

4 tahun

Contoh Karya

Situs Web

www.teaterpandora.com

Media Sosial

@teaterpandora (Instagram)

Kategori Proyek

kerjasama_kolaborasi

Deskripsi Proyek

'Rumah Rahasia Perempuan' adalah pementasan teater terbaru dari Teater Pandora yang merupakan adaptasi dari naskah Amerika 'August: Osage County' (2008) karya Tracy Letts. Cerita yang diangkat adalah cerita sebuah keluarga dalam keadaan "absence of a father" di maa perempuan dari 3 generasi (nenek, anak, dan cucu) berkumpul lagi sebagai sebuah keluarga dengan membawa segala permasalahan mereka. Perempuan akan menjadi tema utama dalam pementasan ini dengan semua aktor utamanya adalah perempuan (berjumlah 5 orang). Selain sebagai sebuah pementasan, RRP juga akan menjadi program latihan bagi para aktor. Program ini akan dilangsungkan selama 2 bulan lamanya dengan 1 kali sesi per minggu. Tema dari program ini adalah "Empowering Powerful Women" dengan tagline "Di Mana Perempuan Bicara Perempuan". Dalam program ini, para aktor muda akan dilatih langsung oleh para aktor perempuan senior seperti Christine Hakim, Rita Matu Mona, Niniek L. Karim, hingga Dian Sastrowardoyo. Dalam sesi RRP, para senior akan membagikan pengalaman mereka dalam membawakan karakter perempuan; Dan para aktor muda akan merekonstruksi karakter tersebut dengan penafsiran sesuai dengan perspektif dan usia mereka. Untuk pementasan, Pandora telah dinyatakan lolos kurasi oleh Dewan Kesenian Jakarta untuk mementaskan RRP di GBB, TIM pada 1-3 November 2018.

Latar Belakang Proyek

Teater Pandora adalah teater bentukan alumni Universitas Indonesia yang didirikan pada tahun 2014. Membawa semangat untuk mempromosikan semangat berkarya generasi muda dalam seni pertunjukan Indonesia, Pandora selalu mendasarkan karya-karyanya dengan kesadaran budaya bahwa kebudayaan Nusantara, dari Sabang sampai Merauke, merupakan ladang inspirasi yang tidak akan Ada habisnya. Oleh karena itu, karya Pandora selalu berusaha untuk mengadaptasi karya dunia ke dalam kebudayaan Indonesia, seperti 'The Blood Wedding' karya Lorca dengan kebudayaan Batak (2016), 'Perkawinan' karya Gogol ke dalam kebudayaan Batavia tempo dulu, hingga 'The Crucible' karya Arthur Miller ke dalam 'Jelaga' dengan kebudayaan Manado pada Januari 2018 kemarin. Dengan semangat #KaryaIndonesiaKaryaDunia, Pandora kini akan pentas dengan naskah RRP. Penggodokan naskah sendiri telah dilakukan sejak April 2017. Akhirnya, terpilih lah naskah 'August: Osage County' sebagai naskah selanjutnya yang akan dipentaskan. Dua Hal yang menjadi latar belakang adalah: (1). Kekaguman pada perkembangan literasi realis Amerika, (2). Peran perempuan dalam keluarga Dan masyarakat (yang memegang person utama dalam menguatkan simpul-simpul sosial yang, sekarang ini kita lihat dalam masyarakat, mulai luntur).

Masalah yang Diangkat

Permasalahan utama yang diangkat adalah permasalahan keluarga. Ketika terjadi absen, baik absen seorang ayah maupun seorang ibu, keluarga kemudian akan mengalami sosialisasi yang tidak sempurna. Keluarga adalah unit sosialisasi terkecil dan yang paling utama. Membenahi segala permasalahan sosial mulai dari korupsi, terorisme, hingga kemiskinan, sesungguhnya harus dimulai dari keluarga.

Indikator Sukses

- Pertunjukan ditonton oleh 2400 penonton (full-booked selama 3 hari di GBB) - Program RRP diisi oleh para aktor perempuan senior Indonesia - Program RRP diikuti oleh paling tidak 160 aktor muda Indonesia

Lokasi

DKI Jakarta

Dana yang Dibutuhkan

Rp.600 Juta

Durasi Proyek

6 bulan