Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

1172 - Indonesian Women Artists:Into The Future


Nama Inisiator

Carla Bianpoen

Bidang Seni

seni_rupa

Pengalaman

Sebagai jurnalis dan kritikus seni selama 20 tahun, Penulisan di berbagai media dan penerbitan buku Indonesian Women Artists: The Curtain Opens, dan Sri Astari Rasjid: Revealing Sakti

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

Kategori Proyek

riset_kajian_kuratorial

Deskripsi Proyek

Selama 11 tahun tidak ada buku yang memadai tentang perempuan perupa Indonesia. Proyek ini akan mewawancarai 21 perempuan perupa terpilih, menuliskan riwayatnya serta mengelaborasi karyanya dalam bahasa Inggeris.

Latar Belakang Proyek

2007 buku mengenai Indonesian Women Artists, The Curtain Opens dilunchurkan, penulis Carla Bianpoen, Farah Wardani, Wulan Dirgantoro. Setelah 11 tahun tidak ada lagi buku yang secare komprehenisf membicarakan prempuan perupa Indonesia. Ditengah dunia memperhatikan senirupa Indonesia, kekosongan informasi mengenai perempuan perupa sangat merugikan baik untuk perempuan, maupun untuk dunia seni rupa dan Indonesia secara keseluruhan.

Masalah yang Diangkat

Ketidak adanya informasi yang memadia tentang perempuan perupa Indonesia memberi kesan mereka tidak ada atau kurang kreatif, padahal dekade terakhir perkembangan perempuan perupa maju pesat. Kekuatan mereka terlihat di karya karya yang terinspirasi imajinasi dan teknologi masa kini, sedangkan isu jender dapat diatasi dengan visi terkini, yang membaurkan tatanan tradisional dengan konsep2 yang berwujud di budaya masa kini dan masa depan. Buku ini akan menjadi informasi yang mengetengahkan perempuan perupa yang tangguh, inovatif dan pemicu ide ide baru di kancah sseni rupa kontemporer Indonesia. 21 perempuan yang akan mengisi buku dalam bahasa Inggeris ini akan menunjuk kekinian yang berarah kedepan.

Indikator Sukses

Berhasil mewawancarai 21 perempuan perupa, menulis riwayatnya yang berkaitan dengan karya2nya, mencetak dan mendistribusikan ke publik dalam dan luar negri.

Lokasi

jakarta, Bandung, Yogyakarta

Dana yang Dibutuhkan

Rp.750 Juta

Durasi Proyek

9 bulan