Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

1168 - GANDARI


Nama Inisiator

Anggraeni

Bidang Seni

seni_pertunjukan

Pengalaman

9 tahun

Contoh Karya

InShot_20180325_193142213.mp4

Situs Web

Media Sosial

IG: anggrakucing. FB: Anggra Miauwy

Kategori Proyek

riset_kajian_kuratorial

Deskripsi Proyek

Membuat sebuat pertunjukkan Tari dengan konsep Dramatari Yang diadaptasi dari perkembangan gerak tari wayang sunda. Dengan mengangkat tokoh pewayangan perempuan dalam epos Mahabaratha yaitu Gandari. Gandari adalah ibu kurawa Yang menikah dengan tokoh Destrarastra yang buta, Yang akhirnya membuat Gandari ikut menutup mata, membatasi hidupnya sendiri untuk tujuan Yang hanya dirinya Yang tahu. Tokoh Yang tidak di perhatikan seperti dalam wayang golek Yang jarang di ceritakan secara untuh ata u detail mengenai Gandari, hanya sebagai tokoh seliwat saja yang d sebutkan dalam cerita sayembara dewi kunti. Maka, Pertunjukan ini akan membuat orang berfikir siapa itu Gandari atau seorang sosok Yang akan memberikan tafsir kepada penonton. Menimbulkan pertanyaan tak terjawab dan saya yakin ini akan membuat sebuah pemikiran pada suatu hari orang akan bersepakat (siapa itu Gandari). Walaupun kesepakatan itu akan membuat kontroversi.

Latar Belakang Proyek

Gagasan ini terbentuk karena saya berkecimpung di dunia seni terutama seni tari tradisi Yang tumbuh Dan berkembang di sunda. tertarikan pada cerita pewayangan terutama tokoh Gandari. Tokoh Yang paling menarik dan membuat penasaran, saya lebih suka memperhatikan sesuatu Yang tidak di perhatikan (tertarik pada tokoh Yang tidak diperhatikan). Dan saya akan jadikan sebuah karya untuk menjawab pertanyaan Yang tak terjawab

Masalah yang Diangkat

Mengangkat sebuah perasaan dan keberanian seorang wanita dalam menerima takdirnya yang gelap dan menikah terpaksa, itu semua di gambarkan melalui tokoh perempuan yang terdapat dalam epos mahabaratha yaitu Gandari. Gandari adalah ibu dari para kurawa, Yang menikah dengan tokoh Destrarastra Yang buta dan akhirnya membuat Gandari ikut menutup mata, membatasi hidupnya sendiri untuk tujuan Yang hanya dirinya Yang tahu.

Indikator Sukses

Ini akan menjadi sebuah pertunjukan Dramatari yg akan d pentaskan d institute seni budaya Indonesia bandung yg akan d tonton oleh warga ISBI Bandung dan semua kalangan, dipentaskan secara umum. Membawa tokoh yang akan memberikan tafsir kepada penonton, menimbulkan pertanyaan tak terjawab dan saya yakin ini akan membuat sebuah pemikiran pada suati hari orang akan bersepakat (siapa itu Gandari). Walaupun kesepakatan itu akan membuat kontroversi.

Lokasi

Kota bandung

Dana yang Dibutuhkan

Rp.200 Juta

Durasi Proyek

9 bulan