Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

1160 - Pelatihan Sinden Malangan untuk Pelajar


Nama Inisiator

Aristia Sri Wahyuni

Bidang Seni

seni_pertunjukan

Pengalaman

2 tahun

Contoh Karya

soliloquy-2016.jpg

Situs Web

Media Sosial

Instagram : @aristiasw

Kategori Proyek

lintasgenerasi

Deskripsi Proyek

Pesindhen atau sindhen (dari Bahasa Jawa) adalah sebutan bagi wanita yang bernyanyi mengiringi orkestra gamelan, umumnya sebagai penyanyi satu-satunya. Pesinden yang baik harus mempunyai kemampuan komunikasi yang luas dan keahlian vokal yang baik serta kemampuan untuk menyanyikan tembang. Proyek ini bertujuan untuk memberi ruang berupa kelas bagi generasi muda (khususnya pelajar perempuan) untuk berlatih sinden bersama generasi tua yang sudah berpengalaman dibidangnya. Kelas ini akan diadakan pertemuan pelatihan 2-3 kali setiap minggunya selama 6 bulan dan berujung pada sebuah pertunjukan.

Latar Belakang Proyek

Di era yang serba canggih seperti saat ini membuat seseorang memiliki begitu banyak kemudahan dalam melakukan apapun, terutama dalam mengasah bakat. Namun sangat disayangkan hal ini menjadikan seseorang tersebut malas sekaligus lupa pada identitas diri bahwa memiliki seni / kebudayaan dan lebih tertarik ke hal-hal yang modern. Ini diakibatkan sedikitnya ruang dan wadah untuk mengembangkan bakat dan minat, khususnya sinden malangan. Sehingga hal ini yang melatar belakangi untuk membuat pelatihan sinden untuk pelajar perempuan.

Masalah yang Diangkat

Sebuah seni suara untuk perempuan (sinden) yang hampir terlupakan oleh generasi muda karena minimnya tempat/wadah untuk belajar. Diperlukan sebuah tempat yang memadai (berupa kelas khusus) dimana generasi muda berlatih bersama generasi tua untuk menciptakan sebuah pertunjukan sinden malangan.

Indikator Sukses

- 10 peserta yang akan terlibat langsung dalam pertunjukan - menyanyikan 2 ragam lagu - tempat khusus yang memadai untuk kelas (sewa) - tempat pementasan (sewa) - segala kebutuhan terpenuhi (dari pra-pertunjukan sampai pertunjukan sukses dilaksanakan)

Lokasi

Kota Malang - Jawa Timur

Dana yang Dibutuhkan

Rp.125 Juta

Durasi Proyek

6 bulan