Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

1151 - PELESTARIAN BUDAYA TENUN MOTIF SOTIS DAN BUNA INSANA BARAT.


Nama Inisiator

Margareta Toleu

Bidang Seni

seni_rupa

Pengalaman

20 tahun

Contoh Karya

buna.jpg

Situs Web

Media Sosial

Kategori Proyek

kerjasama_kolaborasi

Deskripsi Proyek

Motif Sotis dan Buna mulai dikembangkan sejak tahun 1970sehingga pelestarian warisan budaya Kain Tenun Motif Sotis dan Buna Kecamatan Insana Barat merupakan bagian dari budaya yang perlu di lestarikan. Dengan adanya project dana hibah ini, maka pengkaderan bagi kaum wanita yang memilki potensi dalam mengembangkan tenun motif sotis dan Buna ini sangat perlu diadakan dengan tujuan tetap mempertahankan nilai budaya tanpa menghilangkan unsur aslinya

Latar Belakang Proyek

Kain Tenun Insana Barat Motif Sotis dan Buna merupakan manifestasi kehidupan sehari-hari masyarakat dan memiliki ikatan emosional yang cukup erat dengan masyarakat di tiap suku sehingga motif yang dibuat juga beragam. dapat berupa selendang, sarung dan selimut. Kain tenun Motif Sotis dan Buna dapat digunakan untuk pakaian sehari-hari dan juga untuk busana tari adat, pakaian untuk upacara adat, sebagai mahar atau hadiah, dan lain sebagainya. Namun warisan budaya tenun ini dari generasi ke generasi mulai pudar dengan adanya budaya Modern. Oleh karena itu, warisan tenun Motif Sotis dan Buna ini perlu dilestarikan tanpa menghilangkan unsur aslinya. Disamping bertani, menenun juga merupakan pekerajan pokok yang memiliki nilai ekonomis sehingga dengan dana hibah yang ada maka kami memiliki tujuan untuk mengadakan pengkaderan bagi masyarakat yang memiliki talenta dibidang seni rupa sehingga warisan budaya tenun ini tetap dilestarikan.

Masalah yang Diangkat

Dalam proses pengkaderan, yang menjadi akar permasalahan selama ini adalah ketersediaan alat dan bahan. Sehingga tujuan melestarikan budaya tenun Motif Sotis dan Buna bagi masyarakat yang memiliki talenta dibidang seni rupa sampai saat ini menjadi kendala. Oleh karena itu dengan project ini maka kami sangat mengharapkan dana hibah yang ada agar tujuan kami selama ini bisa tercapai.

Indikator Sukses

Dalam project ini yang menjadi indikator kesuksesan adalah masyarakat yang dikaderkan mampu memiliki keterampilan menenun dan menjadi produktif dalam menenun kain tenun Motif Sotis dan Buna.

Lokasi

Insana Barat, Kab, TTU, Prov. NTT

Dana yang Dibutuhkan

Rp.50 Juta

Durasi Proyek

9 bulan