Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

1138 - Rarē Endek


Nama Inisiator

Ni Putu Intan Cahyani

Bidang Seni

lainnya

Pengalaman

baru memulai

Contoh Karya

PhotoGrid_1521971530420.jpg

Situs Web

Media Sosial

Kategori Proyek

akses

Deskripsi Proyek

"Rarē Endek" terdiri dari dua suku kata yakni "rarē" yang berarti anak-anak dan "endek" yang merupakan kain khas provinsi Bali, khususnya kabupaten Klungkung yang merupakan produsen kain endek terbesar di Bali. Rarē Endek tertarik untuk memprodiksi baju anak-anak yang berbahan dasar kain endek yang akan dimodifikasi dengan kain katun polos dan untuk menambah kenyamanan, pada bagian dalam baju akan dilapisi dengan kain hero yang lembut dan nyaman di kulit.

Latar Belakang Proyek

Saya sering melihat ibu saya menjahit baju endek. Ibu saya sendiri sudah menggeluti profesinya sejak remaja. Kain endek sendiri merupakan jenis kain katun yang nyaman di kulit sehingga cocok digunakan untuk anak-anak. Saat ini sayang masih belajar menjahit baju, namun saya ingin fokus untuk nggunakan kain endek sebagai bahan dasar, khususnya untuk membuat baju anak-anak karena alangkah baiknya jika anak-anak sudah diperkenalkan dan mencintai kain endek yang merupakan kain khas Bali sejak dini.

Masalah yang Diangkat

Kain endek sebagai kain khas bali memang memiliki harga yang kurang terjangkau yakni sekitar Rp 90.000 - Rp 120.000. Hal ini juga saya perhatikan melalui pelanggan ibu saya yang menjahit kain endek sebagian besar adalah pegawai dinas atau kantoran sebagai baju dinas saja. Saya sudah memiliki mesin jahit dan perlengkapan menjahit. Namun saya sendiri masih sebagai mahasiswa dan terkendala modal untuk membeli kain endek sebagai bahan dasar produk Rarē Endek ini.

Indikator Sukses

Kesuksesan dari produk ini dilihat dari minat konsumen yang semakin meningkat untuk produk ini.

Lokasi

Kota Semarapura, Kabupaten Klungkung, Bali

Dana yang Dibutuhkan

Rp.10 Juta

Durasi Proyek

3 bulan