Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

1131 - Galeri Kerajinan Tangan Perempuan Adat Tobelo


Nama Inisiator

Yuana Cocatu Papua

Bidang Seni

lainnya

Pengalaman

6 Bulan

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

YuanaPapua/Fb

Kategori Proyek

akses

Deskripsi Proyek

Pada proyek ini lebih kepada bagaimana menciptakan suatu ruang untuk para Perempuan-Perempuan Halmahera Utara khususnya Tobelo untuk bisa mengekspresikan karya-nya dalam bentuk kerajinan-kerajinan tangan pembuatan tikar, susiru, gata-gata, saloi dan sebagainya. Ada begitu banyak perempuan yang pandai untuk membuat kerajinan tersebut namun belum ada tempat atau ruang khusus untuk bagaimana mengeluarkan secara langsung hasil karya. Maka dari itu, dibutuhkan akses untuk bisa mengekspesikannya, kebanyakan perempuan tidak bisa bergerak oleh karena keterbatasan akses, seorang perempuan hanya sebatas mengurus dapur, anak, suami sementara didalam kepalanya dia memiliki banyak pengetahuan tentang adat istiadat yang harusnya memiliki tempat untuk bisa dikeluarkan. Di kota Tobelo sendiri belum ada tempat khusus untuk bagaimana seorang perempuan bisa mengekspresikan bakat yang dimiliki untuk itu perlu adanya satu wadah tertentu untuk bisa menampung bakat-bakat perempuan-perempuan hebat ini. Ada banyak sekali perempuan-perempuan Halmahera Utara khususnya Tobelo yang memiliki keinginan untuk membangun adat dan budaya serta simbol-simbol adat itu dicampakkan namun masih saja ada keterbatasan dalam hal ini belum ada ruang tertentu untuk bisa menampilkan semua itu. Maka harus ada ruang tertentu untuk bisa menampung semua itu. Salah satunya dengan mengadakan ruang untuk para perempuan hebat ini untuk bisa mengeksplor bakat yang dimiliki tersebut.

Latar Belakang Proyek

Awal mula gagasan ini muncul oleh karena melihat situasi dan kondisi dari para pengrajin aneka kerajinan tangan yaitu Tikar (karpet), susiru (penapis beras) dan masih banyak lagi yang merupakan ciri khas dari kerajinan tangan masyarakat Halmahera Utara khususnya Tobelo, para pengrajin ini tidak ada tempat atau satu wadah khusus yg menampung hasil-hasil kerajinan tangan tersebut. Hal ini akan menarik karna dimana ketika tersedianya satu wadah tertentu khususnya Perempuan kemudian bisa menyalurkan bakat serta akan menjadi lebih bernilai ketimbang hasil itu hanya dibiarkan dirumah. Melihat kondisi Halmahera Utara khususnya Tobelo semakin hari semakin berkurang nilai-nilai adat apalagi untuk kerajinan-kerajinan tangan yang disebutkan diatasi. Perempuan bisa berkarya memperkenalkan kepada masyarakat luas ciri khas dari kota Tobelo dengan membangun suatu tempat atau galeri untuk bisa berkarya. Selama ini banyak keterbatasan ruang khususnya untuk perempuan karena selain berkarya harus juga mengurus anak dan suami. Mencari tempat untuk bisa mempromosikan hasil karya. Sudah banyak perempuan-perempuan yang menghasilkan karyanya tetapi hanya berjalan ditempat karena tidak ada kesempatan untuk dibentuk satu wadah tertentu untuk lebih berkembang untuk itu melihat kesempatan yang ada ini harus bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kemajuan dari Perempuan adat khususnya yang ada di kota Tobelo untuk bisa berkarya.

Masalah yang Diangkat

1. Karena belum adanya wadah atau ruang tertentu untuk menampilkan kreatifitas Perempuan maka harus diadakan wadah atau ruang. 2. Banyak perempuan yang belum menyadari akan bakat sebenarnya yang dimiliki sehingga perlu ada dorongan agar mereka bisa mengekspresikan dalam bentuk karya-karya. 3. Mengingat sangat pentingnya adat dan budaya sehingga jangan sampai terputus maka perempuan mempunyai andil yang kuat untuk mengembangkannya, melalui karya-karya kreatif perempuan. 4. Perempuan masih kekurangan ruang untuk berekspresi.

Indikator Sukses

1. Adanya ruang untuk perempuan berekspresi misalnya ada galeri kerajinan tangan khususnya Perempuan Tobelo 2. Banyak menciptakan perempuan-perempuan hebat dalam berkarya 3. Semakin luas jangkauan perempuan terhadap adat bahkan hasil kerajinan tangan bisa diketahui oleh masyarakat luas. 4. Adanya kejelasan Wadah untuk perempuan khususnya di Tobelo untuk bereksperimen dengan bakat yang dimiliki

Lokasi

Kota Tobelo Kab. Halmahera Utara, Propinsi Maluku Utara

Dana yang Dibutuhkan

Rp.50 Juta

Durasi Proyek

4 bulan