Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

1125 - Wadah Perempuan melalui ruang kreatif & program kreasi


Nama Inisiator

IKA YULIANTI

Bidang Seni

lainnya

Pengalaman

7 tahun

Contoh Karya

aktivitas.Ika Yulianti.3gp

Situs Web

Media Sosial

ig : wakewadho, ika crayon

Kategori Proyek

akses

Deskripsi Proyek

Membuat sebuah wadah dengan proses kreatif perempuan-perempuan desa dengan konsep creative hub. Proyek pengadaan fasilitas sekaligus program kreatif ini akan mengajak ibu-ibu rumah tangga dan remaja perempuan yang tidak mempunyai pekerjaan namun memiliki keinginan untuk bekerja membantu kebutuhan rumah tangga. Melalui pemetakan 3 potensi daerah, yaitu potensi SDM, SDA dan Budaya diharapkan proyek ini mampu memfasilitasi keintegrasian ketiga potensi tersebut. melalui sistem penggalian potensi dan sistem branding produk akan menambah value pada diri seorang perempuan,

Latar Belakang Proyek

Pengalaman dalam mengajar di kampus dan dinas sosial adalah dua hal yang sangat berbeda. Dikampus menjumpai mahasiswa yang mempunyai pola pikir normal dan berkembang namun didinas sosial harus mengajar dan berproses bersama orang-orang yang mempunyai ketrblakangan mental dan tidak memiliki pekerjaan maupun tempat tinggal, sehingga menjadikan seni sebagai ide kreatif sekaligus terapi. selain itu saya seorang serorang desainer yang berkembang dan berproses dalam berkarya seperti saya tentunya sangat menyadari mengenai keberagaman budaya dan keunikan masing-masing daerah di Indonesia.Bertanggung jawab pada profesi saya terhadap lingkungan tentunya menjadi catatan penting dalam proses berkarir. Peduli pada lingkungan tentunya menjadi salah satu aspek dalam berproses. Saya juga menyadari bahwa Indonesia memiliki keindahan alam, hasil alam yang melimpah, keramahtamahan masyarakat, serta adat istiadat yang sangat beragam. Potensi alam (SDA) dan budaya yang ada tentunya harus didukung oleh peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Maka perlu adanya sebuah fasilitas dan program kreatif yang mendukung seorang perempuan dalam menggali potensi diri. melalui pengetahuan dan pengalaman saya mengenai branding, baik itu personal branding, company branding, destination branding, maka dalam proses kreatif antara pengrajin perempuan dan saya pihak desainer mampu memanfaatkan kekayaan alam serta meningkatkan value pada karya serta memberikan market yang bagus dalam pengembangan bisnis.

Masalah yang Diangkat

Ketidak beranian seorang perempuan dalam menemukan, menggali dan mengembangkan potensi dirinya adalah sebuah keterbatasan yang menjadi masalah dalam kehidupan. ketidakpercayaan diri membuat seorang perempuan terpaku dalam kondisi yang tidak menyenangkan. saat menjumpai masalah besar dalam keluarga atau lingkungan, sementara itu dia tidak memiliki kesibukan maupun tanggung jawab pada sebuah pekerjaan maka yang terjadi adalah keputusasaan atau bahkan sampai memutuskan untuk bunuh diri. hal ini juga menjadi pemicu kasus bunuh diri di Kulonprogo yang terdata. Atau kasus seorang perempuan yang selalu mengalami kekerasan dalam rumah tangga yang rela menerima keadaan yang sangat tidak nyaman hanya karena dia tidak mampu berdiri sendiri dan mencukupi kebutuhan pribadi sehingga rela dalam kondisi yang tidak menyenangkan. Masalah yang besar dan mendesak seorang perempuan mengalami stress dan terbentur pada keterbatasan diri. Melalui pendekatan sebuah ide ruang kreatif ini tentunya menjadikan salah satu start awal dalam memberikan kepercayaan diri dalam memulai menemukan kemampuan diri pada perempuan. sehingga mampu menjadi solusi dalam kehidupan pribadi.

Indikator Sukses

Terciptanya sebuah inkubasi bisnis perempuan melalui program kreatif yang menghubungkan antara pengrajin dan desainer dalam menggali potensi diri dan menciptakan peluang usaha dalam pemberdayaan masyarakat khususnya perempuan didesa. goals dari fasilitas dan program ini adalah meningkatkan value pada hasil karya kreatif perempuan desa. Diharapkan proses kreatif dan fasilitas ini menjadi sebuah proyek yang berkelanjutan (sustainable) sehingga para perempuan mampu mandiri dalam mengembangkan diri, memanfaatkan kekayaan alam, mengangkat budaya daerah sekaligus memikirkan bagaimana bertanggung jawab pada alam, lingkungan serta negara. Keinginan utama saya dalam proses ini adalah menghasilkan karya yang menginspirasi banyak karya yang lain dibawah sistem branding yang dimulai dari potensi yang ada.

Lokasi

DI Yogyakarta - KulonProgo

Dana yang Dibutuhkan

Rp.200 Juta

Durasi Proyek

2 bulan