Anda berada di mode pratinjau.
| | |

Pemohon Hibah

Tari Pinasti


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

seni_pertunjukan

Pengalaman Berkarya

baru memulai

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

https://www.facebook.com/tari.pinastihahn/photos?pnref=lhc

Proyek


No. Formulir

1107

Judul Proyek

Wayang Sasakala

Lokasi Proyek

Cianjur/Jawa Barat

Deskripsi Proyek

Membuat karya “Wayang Sasakala”, yaitu tarian wayang berdasarkan kearifan lokal legenda situs purbakala Gunung Padang, Cianjur. Penari perempuan dibina dari penduduk sekitar lokasi situs. Tujuannya untuk melibatkan perempuan memahami proses kreatif melalui pertunjukan seni. Diharapkan para perempuan setempat dapat memperoleh pengalaman dan kepercayaan diri untuk tampil ke depan dalam menuangkan ide kreatif, sehingga dapat memicu penciptaan karya-karya baru, tidak hanya tari tetapi karya kreatif lainnya dengan mengangkat potensi di sekitar situs. Dengan demikian, perempuan dapat ikut memegang andil dalam pelestarian warisan leluhur yang ada di sekitar rumah mereka, tidak hanya sebagai penonton melainkan pelaku. Lokasi situs cukup jauh dari pusat kota Cianjur, sehingga diperlukan biaya transportasi untuk beberapa kali pertemuan pelatihan penari. Untuk pemusik, akan bekerja sama dengan grup seni karawitan profesional di Cianjur.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Peran perempuan di masyarakat situs Gunung Padang tidak begitu menonjol dalam penciptaan karya kreatif. Oleh karena itu mereka perlu dilibatkan untuk mendapatkan pengalaman dalam sebuah proses penciptaan karya.

Masalah yang Diangkat

Hibah akan digunakan untuk proses pembinaan dan pelatihan perempuan di kawasan situs Gunung Padang, Cianjur. Dengan demikian diarapkan akan tumbuh kepercayaan diri untuk tampil dan menciptakan karya inovasi, berdasarkan potensi kearifan lokal yang ada di kawasan situs.

Durasi Proyek

6 bulan

Indikator Sukses

1. Terciptanya karya tarian baru "Wayang Sasakala". 2. Penari perempuan sekitar situs Gunung Padang mampu menari dengan layak dan percaya diri. 3. Pertunjukan dilaksanakan di dua lokasi, yaitu di Cianjur dan Bandung.

Dana Hibah

Rp.60 Juta