Anda berada di mode pratinjau.
| |

Pemohon Hibah

Ester Enga Lika


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

musik

Pengalaman Berkarya

10 tahun

Contoh Karya

Situs Web

https://www.youtube.com/watch?v=xHZeooqBqD0&feature=youtu.be

Media Sosial

Youtube/ RAMBU ESTER

Proyek


No. Formulir

1100

Judul Proyek

Lagu Sumba

Lokasi Proyek

Nusa Tenggara Timur

Deskripsi Proyek

Tujuan saya melaksanakan proyek ini yaitu, memanfaatkan bakat yang saya miliki untuk mempromosikan lagu sumba tidak hanya di Indonesia tetapi juga ke mancanegara, agar budaya-budaya Nusantara lebih di kenal secara luas.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Awalnya saya mendengarkan banyak referensi lagu-lagu dareah saya yaitu lagu daerah Sumba Timur, dalam lirik lagu daerah tersebut tertuang banyak peristiwa-peristiwa sejarah yang dialami oleh nenek moyang orang Sumba. Saat mendengarkan lagu-tersebut saya menjadi terinspirasi untuk mecoba belajar menyanyikannya dan memainkan alat musik tradisional khas Sumba yaitu Jugga. Dalam proses saya belajar, saya terinspirasi untuk mempromosikan atau bagaimana agar supaya generasi-generasi muda lebih mengenal dan mencintai budaya Nusantara dan tidak melupakan sejarah nenek moyang kita. Proses belajar ini tidak mudah, karena banyak nada dan lirik yang harus saya pelajari dan maknai agar dapat dinyanyikan dengan penuh arti dan makna. Saat ini, saya mencoba untuk melaksanakan proyek ini agar lebih luas lagi pengenalan tentang adat dan budaa Sumba Timur terkhususnya dalam seni bermusik apalagi negara kira sudah banyak masuk budaya-budaya barat sehingga budaya daerah asal kita mulai terlupakan oleh generasi muda. Saya berharap melalui proyek ini tidak hanya saya, namun seluruh lapisan masyarakat Indonesia dapat lebih mengenal dan mencintai budaya daerah dan tidak melupakannya.

Masalah yang Diangkat

Masalah yang ingin saya atasi dengan meminta hibah ini, adalah guna melestarikan budaya nyanyian bahasa daerah terkhususnya Sumba Timur yang selama ini tidak banyak masyarakatnya yang tahu tentang lagu daerah tersebut. Menurut saya ini masalah yang serius, karena jika kita tidak melestarikan dan mengenalkan budaya-budaya atau kesenian daerah kepada generasi muda maka lama-kelamaan hal ini bisa di lupakan dan punah. Oleh karena itu saya bertekat melalu bantuan Dana Hibah ini saya akan melaksanakan proyek saya dengan sesungguhnya agar masalah diatas dapat diatasi dan kesenian daerah dapat tetap di perthanankan baik saya maupun seluruh masyarakat Indonesia.

Durasi Proyek

5 bulan

Indikator Sukses

Ukuran keberhasilan proyek ini menurut saya bisa 85% atau bahkan bisa mencapai sukses hingga 100%. Tentunya untuk mencapai kesuksesan tersebut dibutuhkan usaha yang keras dari saya sendiri dan tim saya juga bantuan dana hibah ini.

Dana Hibah

Rp.50 Juta