Anda berada di mode pratinjau.
| | |

Pemohon Hibah

Indah Arifah Febriany


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

sastra

Pengalaman Berkarya

Sejak 2010

Contoh Karya

Situs Web

indahfebriany.blogspot.com & indahfebriany.tumblr.com

Media Sosial

@langit_sorehari, @indahfebriany (Torie). Soundcloud @langitsore

Proyek


No. Formulir

1098

Judul Proyek

Kolaborasi Cerpen & Musikalisasi Puisi

Lokasi Proyek

Sulawesi Selatan

Deskripsi Proyek

Proyek ini akan berbentuk buku dan CD rekaman puisi. Setiap cerita kebudayaan yang akan ditulis, diakhir kisahnya akan ada puisi sebagai penutup. Puisi tersebut juga akan direkam dengan dilengkapi backsound musik etnik dari latar cerita itu berlangsung.

Kategori

perjalanan

Latar Belakang Proyek

Proyek ini ingin saya hadirkan karena rasa gelisah saya atas budaya dan seni di tanah Sulawesi Selatan mulai memudar. Saya ingin menghadirkan sebuah buku yang dilengkapi dengan aroma karsa (puisi yang sudah direkam dengan menggunakan alunan musik etnis setiap kabupaten) . Menceritakan kisah setiap kisah budaya yang dulunya kental di tengah masyarakat namun kini seakan hilang, karena kisahnya tak menarik di mata anak muda jaman Now. Buku ini akan mulai berkisah tentang Bissu, para lelaki yang memelihara kebudayaan dengan kental di sejumlah kabupaten yakni Pangkep, Barru, Pinrang, Enrekang. Mereka ikut dalam pagelaran budaya dan seni untuk acara-acara bergengsi. Namun, kini keberadaannya seakan hilang meski teknologi bisa mendeteksi kisah mereka dengan mudah. Saya ingin bercerita dengan gaya yang jauh lebih ringan, menuangkan ide dengan gaya kekinian yakni curhat si narasumber. Serta membuat inti sari setiap kisah yang akan diangkat dengan membuatkan puisi. Puisi akan disajikan disetiap akhir cerita. Serta puisi akan direkam dengan menggunakan backsound musik daerah yang menjadi latar cerita itu berlangsung.

Masalah yang Diangkat

Dunia atau masyarakat kota besar terkadang menganggap bahwa cerita budaya atau pelaku budaya hanyalah kisah angin lalu dan tak bernilai. Sedangkan di sejumlah daerah, mereka yang menjadi Bissu (laki-laki yang hidup dengan berpakaian perempuan) merupakan pelaku budaya yang kerap diangkap memiliki kelainan jiwa. Padahal, ada kisah disetiap perjalanan mereka ketika terpilih dan memilih hidup sebagai seorang Bissu. Saya ingin mengangkat lebih banyak kisah kedaerahan di seluruh Indonesia, namun fokus di tanah Sulawesi Selatan menjadi prioritas saya sebelum melangkah lebih jauh ke provinsi lain.

Durasi Proyek

9 bulan

Indikator Sukses

Terbitnya buku dan CD rekaman puisi yang menampilkan backsound musik etnik setiap Kabupaten di Sulawesi Selatan yang menjadi lokasi saya akan menulis.

Dana Hibah

Rp.150 Juta