Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

1096 - Beranda Seni dan Budaya


Nama Inisiator

Mira Muliajati

Bidang Seni

penelitian

Pengalaman

4 than

Contoh Karya

20171116_112134.jpg

Situs Web

http://bogortours.wixsite.com/indonesia

Media Sosial

https://www.youtube.com/edit?o=U&video_id=NKdQ5J9VhGo

Kategori Proyek

riset_kajian_kuratorial

Deskripsi Proyek

Di dalam proyek ini saya mengajak para wanita muda yang tertarik akan seni dan budaya untuk meniliti sejarah tentang hasil karya wanita leluhur seperti kuliner, gaya hidup dan tradisi wanita leluhur, karya seni seperti kain tenun dan kerajinannya. Hasil penelitian akan didokumentasikan ke dalam bentuk buku, module pengetahuan dan juga video agar dapat di akses oleh generasi berikutnya melalui Beranda Seni dan Budaya yang akan dikelola oleh para wanita. Untuk keberlangsungan penelitian setelah proyek selesai, Beranda Seni dan Budaya akan membuat sebuah aplikasi traveling yang merangkum beberapa informasi penting dan menarik bagi para pelancong, Beranda Seni dan Budaya ini pun akan membuka dan menjalankan workshop regular yang mengupas dan mengulik serta mempraktekan beberapa hasil penelitian seperti tehnik memasak kuliner lawas, membagikan resepnya dan membuat video mengenai kegiatan tersebut. Proyek ini akan melibatkan beberapa kelompok masyarakat dan mengandalkan kolaborasi aktif dari setiap kelompok, prioritas akan diberikan kepada para wanita yang memiliki semangat dan ketertarikan untuk merivitalisasikan kembali seni dan budaya masa lalu, melestarikannya kembali hingga generasi berikutnya. Di Beranda Seni dan Budaya pun akan memfasilitasi ibu bekerja yang ingin berkarya dan mengembangkan kemampuan meneiliti, menulis atau menjalankan workshop proyek, untuk mendukung mereka, proyek akan menyediakan tempat kreasi bagi anak-anak nya.

Latar Belakang Proyek

Proyek ini tercetus berdasarkan fenomena yang terjadi sekarang ini perihal kurangnya pengetahuan mengenai sejarah dan hasil karya para wanita leluhur sehingga menyebabkan generasi muda khususnya wanita tidak mengenal karya seni para leluhur mereka apalagi mengaplikasikan dan melestarikannya. Hampir setengah dari populasi di Indonesia (49.75%) atalha peempuan, tetapi hasil karya mereka belum banyak dipertunjukan dan partisipasi perempuan dalam bekerja dan berkarya masih lebih renda daripada laki-laki. Berdasarkan data 51% perempuan berpartisipasi dalam dunia kerja, dibandingkan 85% laki-laki. Maka dari itu Indonesia ranking pertama di kesenjangan gender diantara lima negara ASEAN. Oleh karens itu, provek ini ingin menjadi wadah bagi para perempuan yang memilik semangat seni dan ketertarikan budaya yang tinggi untuk merangkul para perempuan lain dalam mengangkat, mengenal dan melestarikan budaya wanita leluhur agar perempuan Indonesia tetap dapat memperbaiki tariff hidupnya melalui Seni dan Budaya leluhur.

Masalah yang Diangkat

Untuk mengangkat dan menggali hasil karya Seni dan Budaya wanita leluhur Indonesia dan mendokumentasikannya ke dalam sebuah catatan, modul, buku dan media elektronik sehingga dapat dilestarikan oleh generasi wanita penerus. 1. Memberikan keterampilan meniliti sebuah hasil karya melalui pelatihan. 2.Melatih wanita "champion /penggerak" yang akan menjadi pemimpin dan penggerak dalam penelitian di setiap tema yang di teliti yang berhubungan dengan Seni dan Budaya wanita leluhur. 3. Memberikan pelatihan mengenai cara-cara mendokumentasikan hasil penelitian ke dalam sebuah buku, tulisan, jurnal atau modul. 4. Mengadakan praktek penelitian bersama untuk sebuah topik seni dan budaya yang menyangkut karya wanita leluhur, kuliner, tradisi, gaya hidup, peninggalan bersejarah, hasil kerajinan, seperti tenun dan pewarnaan alami. 5. Mengadakan pelatihan untuk kegiatan memasak masakan wanita leluhur. 6. Membuat video tema penelitian hasil karya wanita leluhur tersebut dan menyebarkan nya ke komunitas pariwisata, sekolah dan organisasi pemuda melalui sebuah kampanye atau road show. 7. Membuat kegiatan karya seni anak wanita leluhur yang diturnkan kembali untuk anak bagi ibu atau wanita pekerja yang terlibat dengan proyek ini. 8. Membuat aplikasi travel bagi para pelancong untuk lebih mempromosikan tema penelitian hasil karya seni dan budaya wanita leluhur untuk dipakai pada saat perjalanan wisata.

Indikator Sukses

Terbentuknya modul dan buku Beranda Seni dan Budaya yang merangkum hasil penelitian. 2. 100 wanita dilatih dalam kurun waktu proyek Beranda Seni dan Budaya. 3. Terpilih dan terlatih 10 champions wanita yang akan menjadi penggerak penelitian dan kampanye Seni dan Budaya. 4. Terbentuknya 10 video tema penelitian. 5. Terbentuknya aplikasi traveling yang berisikan informasi tema Seni dan Budaya. 6. Terlaksananya 10 workshop yang mengangkat 10 tema Seni dan Budaya leluhur dalam kurun waktu proyek. 7. Terlaksananya 10 road show yang mengkampanyekan 10 tema Seni dan Budaya leluhur ke masyarakat luas dalam kurun waktu proyek. 8. Terbentuknya kegiatan karya seni untuk anak-anak wanita pekerja Seni dan Budaya. 9. Terlaksananya 10 workshop pelatihan menulis dan mendokumentasikan hasil penelitian.

Lokasi

Bogor

Dana yang Dibutuhkan

Rp.975 Juta

Durasi Proyek

9 bulan