Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

1091 - Pendirian Koperasi Pekerja Seni Rupa GILDAESTETIKA


Nama Inisiator

Ranti Puji Agusti

Bidang Seni

seni_rupa

Pengalaman

9 tahun

Contoh Karya

IMG-20171226-WA0007.jpg

Situs Web

https://rantipujiagusti.wordpress.com

Media Sosial

IG: rantipujiagusti FB: Ranti Puji Agusti

Kategori Proyek

kerjasama_kolaborasi

Deskripsi Proyek

Koperasi Pekerja Seni Rupa Jawa Barat GILDAESTETIKA ditujukan untuk membuat sebuah sistem ekonomi berkelanjutan bagi para pekerja seni rupa, dalam lingkup ini, di Jawa Barat, terutama Bandung. GILDAESTETIKA mewadahi pekerja seni rupa yang ingin berkolaborasi dalam meningkatkan pemberdayaan potensi seni rupa bagi masyarakat yang lebih luas. GILDAESTETIKA mencoba pola pengelolaan komunitas yang matriarkal dan mengutamakan program edukasi yang terbuka untuk umum serta dokumentasi arsip yang berhubungan dengan wacana seni rupa dan budaya. Proposal ini ditujukan untuk melangsungkan proses legalisasi badan hukum. Dengan adanya payung hukum yang sah, kami berkesempatan untuk dapat mencari sumber pendanaan dan kerjasama program yang lebih luas.

Latar Belakang Proyek

Pola pengelolaan sumber daya komunitas dalam medan seni rupa di Bandung, dan termasuk juga kota besar seni rupa seperti Jakarta, dan Jogjakarta hingga hari ini didominasi model pengelolaan Yayasan dan Perusahaan Terbatas. Pada yayasan figur puncak menjadi sangat penting, dan akumulasi modal terpusat sangat terasa pada model Perusahaan Terbatas. Pola pengelolaan yang lebih patriarkal. Pendirian koperasi sebagai model alternatif pengelolaan yang matriarkal akan diuji dan diterapkan untuk mengaktifkan dan meningkatkan kesadaran kolektif pada mereka yang terlibat dalam percobaan pengelolaan ini. Format koperasi kami anggap paling mendekati kecenderungan interaksi sosial medan seni rupa yang dekat dengan solidaritas dan kerjasama antar individu. Lewat kerjasama antar individu di dalam format koperasi, gagasan ini tak boleh hanya jadi sekedar proyek seni, karena lebih dari itu, ini menyangkut juga soal usaha melakukan perbaikan terhadap beberapa warisan yang lupa dikelola di medan seni rupa di Bandung.

Masalah yang Diangkat

Percobaan pengelolaan organisasi/komunitas/badan hukum yang matriarkal dibandingkan dengan pola patriarkal yang sudah banyak dipraktikan. Selain itu minimnya infrastruktur yang juga turut mempengaruhi profesi pelaku seni rupa rentan dengan ketidakstabilan dalam berbagai aspek. GILDAESTETIKA berupaya membuat model bisnis dan pengelolaan program koperasi yang mendukung upaya pemberdayaan baik secara ekonomi maupun intelektual.

Indikator Sukses

Legalitas badan hukum Jumlah anggota Terlaksananya pilot program Respon masyarakat terhadap pilot program Mampu memberikan nilai ekonomi kepada anggotanya dalam bentuk Sisa Hasil Usaha

Lokasi

Bandung

Dana yang Dibutuhkan

Rp.40 Juta

Durasi Proyek

9 bulan