Anda berada di mode pratinjau.
| | |

Pemohon Hibah

Shinta Esabella


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

penelitian

Pengalaman Berkarya

2 Tahun

Situs Web

https://www.researchgate.net/profile/Shinta_Esabella2

Media Sosial

Proyek


No. Formulir

1090

Judul Proyek

APLIKASI MOBILE BATIK ETNIK SUMBAWA

Lokasi Proyek

Nusa Tenggara Barat

Deskripsi Proyek

Mendokumentasikan dan mempublikasikan batik etnik Sumbawa sebagai warisan budaya Sumbawa dalam bentuk aplikasi android yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat Sumbawa pada khususnya dan rakyat Indonesia pada umumnya. Saya juga mempublikasikannya dalam bentuk seminar dan karya ilmiah yang diterbitkan di Jurnal Ilmiah nasional atau internasional.

Kategori

riset_kajian_kuratorial

Latar Belakang Proyek

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki suku bangsa, bahasa, dan budaya yang beragam dimana setiap budaya dalam suatu daerah memiliki ciri khas masing-masing. Sumbawa sebagai salah satu daerah di Indonesia terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang terbentang dibagian selatan kepulaun nusantara memiliki budaya yang disebut dengan budaya Sumbawa (budaya Samawa). Salah satu budaya Sumbawa yang patut didukung dan dilestarikan adalah batik etnik Samawa. Batik etnik Sumbawa adalah sebuah karya seni pada kain yang dibuat dengan menggunakan cairan malam (lilin dalam bahasa Sumbawa) dengan delapan motif khas dimana setiap motif memiliki karakter masing-masing. Delapan motif tersebut diantaranya batik istana dalam loka, batik piyo manis satu, batik darussalam, batik kemang satange tiga, batik pegawai, batik selimpat pelajar, batik kemang satange lima dan batik sesekalang pusuk rebong. Dari delapan motif batik etnik Sumbawa tersebut, tidak banyak masyarakat asli Sumbawa maupun masyarakat luar Sumbawa yang mengetahui keberadaaan, jenis-jenis, dan karakter batik dari setiap motifnya. Hal ini dikarenakan jumlah referensi yang membahas tentang batik etnik Sumbawa sangat terbatas. Saya tertarik untuk menelusuri lebih jauh mengenai keberadaan jenis-jenis batik ini dan mencoba untuk mendokumentasikan serta mempublikasikan kepada khalayak umum dalambentukaplikasi mobile dan seminar sebagai salah satu bentuk pelestarian terhadap warisan budaya Sumbawa.

Masalah yang Diangkat

1. Tidak banyak masyarakat asli Sumbawa yang mengetahui keberadaan, jenis-jenis serta karakter batik etnik Sumbawa. 2. Kurangnya dokumentasi serta publikasi mengenai batik etnik Sumbawa. 3. Kurang populernya batik etnik Sumbawa di kalangan masyarakat Sumbawa

Durasi Proyek

5 bulan

Indikator Sukses

1. Adanyaaplikasi mobile android batik etnik Sumbawa yang dapat di download dan tersedia di google playstore. 2. Terdokumentasi dengan baik jenis-jenis serta karakter batik etnikSumbawa 3. Terpublikasinya jenis-jenis batik etnik Sumbawa dalam bentuk seminar. 4. Adanyakaryailmiah yang dapatdipublikasikan di Jurnalilmiahnasional/internasional.

Dana Hibah

Rp.27 Juta