Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

1086 - Manajemen Ekonomi perempuan pesisir di Kemantren Lamongan


Nama Inisiator

Aris Nurlailiyah

Bidang Seni

penelitian

Pengalaman

asisten peneliti Pusat Studi Kebijakan dan Kependudukan (PSKK) UGM Yogyakarta 2013-sekarang

Contoh Karya

Situs Web

www.nyaijazz.com

Media Sosial

aries lailiyah

Kategori Proyek

riset_kajian_kuratorial

Deskripsi Proyek

research ini akan meneliti tentang tradisi perempuan yang bekerja ngoplek (membuka cangkang rajungan dan diambil dagingnya) Rajungan, dari pra reseach sebelumnya para perempuan itu mandiri secara ekonomi, namun belum adanya sistem koperasi atau asuransi kesehatan bagi mereka, karena mereka menganggap asuransi kesehatan adalah perbuatan sia-sia.

Latar Belakang Proyek

Proyek ini berawal dari fenomena pekerja perempuan pesisir di Kemantren, daerah yang menghasilkan rajungan terbedar dengan pekerja perempuan. namun, budaya hedonisme disana menyebabkan hasil/upah yang diberikan jarang sekali untuk tabungan atau asuransi. sehingga perlu adanya penelitian lebih lanjut kenapa perempuan-perempuan pesisir menghabiskan uangnya tanpa mempertimbangkan jauh lebih lanjut. secara upah, nilai yang diterima para pekerja perempuan itu masih sangat layak, satu bulan mereka bisa menghasilkan 3,000,000. Oleh karena itu perlu adanya penelitian lanjut dan memformulakan kegiatan untuk manajemen perekonomian perempuan pesisir.

Masalah yang Diangkat

manajemen ekonomi perempuan pengoplek rajungan di Kemantren Lamongan

Indikator Sukses

menghasilkan laporan tertulis "buku" tentang kehidupan sosial perempuan pesisir pengoplek Rajungan di Kemantren, membuat koperasi untuk perempuan pesisir

Lokasi

Jawa Timur

Dana yang Dibutuhkan

Rp.150 Juta

Durasi Proyek

6 bulan