Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

1084 - Kampanye Pentingnya Portofolio Karya Dalam Street Art Wanita


Nama Inisiator

Edwina Rismayanti

Bidang Seni

lainnya

Pengalaman

7 tahun

Contoh Karya

porto adctd 1.compressed.pdf

Situs Web

https://www.facebook.com/adctd.bdg/

Media Sosial

https://www.instagram.com/adctd/

Kategori Proyek

kerjasama_kolaborasi

Deskripsi Proyek

Street Art dewasa ini bukan hanya bidang seni yang digeluti oleh kaum lelaki saja, namun juga oleh wanita dan sudah berkembang pesat 6 tahun terakhir ini. Jumlah street artist wanita di seluruh Indonesia juga mengalami peningkatan yang signifikan, hal tersebut membuktikan bahwa animo wanita yang berkarya di bidang ini cukup tinggi. Contoh kasus adalah pada penyelenggaraan acara Ladies on Wall, yaitu acara menggambar di tembok bersama yang dilakukan oleh para street artist wanita di Indonesia, hingga saat ini bisa diidentifikasi ada sekitar kurang lebih 100 orang wanita yang berkarya di jalanan baik dalam bentuk graffiti, mural, lettering, dan lain-lain. Kami melihat potensi yang dimiliki street artist wanita ini sungguh besar (terutama para wanita remaja dan usia produktif) dan diperlukannya sebuah kampanye untuk memaksimalkan potensi street artist wanita dalam bentuk rangkaian forum diskusi dan exhibition yang menitik beratkan kepada pentingnya mengarsipkan hasil karya dalam bentuk portofolio yang akan membawa manfaat yang besar bagi diri mereka sendiri baik jangka pendek maupun jangka panjang. Rangkaian kampanye tersebut juga akan diarsipkan dalam bentuk zine yang dicetak sebanyak 100 eksemplar dan dapat diperbanyak secara independen utnuk menyebar luaskan ilmu yang telah didapatkan selama rangkaian ini berlangsung sehingga ilmunya akan mengalir terus-menerus.

Latar Belakang Proyek

Meningkatnya jumlah street artist wanita di Indonesia dan intensitas mereka berkarya belum disertai dengan kesadaran pentingnya membuat portofolio yang lebih profesional (misalkan blog atau website), pada akhirnya mereka hanya membagikan hasil karya mereka di sosial media dan berdampak pada tujuan berkarya; likes, share, comment, tanpa mengembangkan diri mereka baik dari segi pola pikir dan sikap dalam berkarya. Hal tersebut salah satunya diakibatkan oleh tidak adanya ruang/forum untuk berbagi ilmu, pengalaman, maupun referesi untuk mengapresiasi dan mengarsipkan karya yang baik. Sehingga pada akhirnya mental yang terbangun dari karya-karya yang dihasilkan bersifat termporal.

Masalah yang Diangkat

Dengan diadakannya kampanye dalam bentuk rangkaian forum dan exhibition ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran street artist wanita dalam mengarsipkan karyanya pada media yang lebih profesional. Karena jika kita belajar dari street artist yang ada di luar sana, platform untuk memajang karya mereka bukan hanya untuk mendapatkan likes, namun juga sebagai bahan refleksi diri akan perkembangan karyanya dari tahun ke taun. Pada forum ini juga akan diangkat beberapa tema pengembangan diri dan karya dari para street artist senior yang telah sukses memetik hasil dari apa yang mereka kerjakan yang berawal dari memiliki arsip potrofolio yang profesional. Kampanye dibuat dalam 3 periode, yang masing-masing memiliki tujuan yang saling bekesinambungan, yaitu membangun sikap dan pola pikir yang lebih terbuka mengenai proses berkarya; referensi, berlatih, mengikuti forum, memperluas jaringan, dan lain-lain, kemudian mengarsipkan karya-karya yang mereka buat sebagai hilir dari segenap proses yang mereka lalui dalam mencipta sebuah karya. Dengan begitu street artist wanita Indonesia tidak hanya menjadi katak dalam tempurung, namun menjadi individu yang lebih tertata dan terbuka dari segi pengarsipan portofolio juga memiliki karya yang dapat diperhitungkan dunia street art internasional.

Indikator Sukses

1. Menciptakan forum berbagi ilmu, bertukar referensi, dan mengembangkan diri bagi para street artist wanita 2. Terhimpunnya portofolio dari masing-masing street artist wanita yang dapat meningkatkan pengarsipan karya mereka pada media yang lebih profesional 3. Lebih matangnya konsep, pola pikir, dan sikap dalam menghasilkan sebuah karya 4. Meningkatkan kualitas diri dari street artist wanita Indonesia 5. Diterbitkannya zine sebagai arsip tertulis dari rangkaian kampanye yang dilakukan agar dapat diperbanyak

Lokasi

DKI Jakarta

Dana yang Dibutuhkan

Rp.30 Juta

Durasi Proyek

3 bulan