Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

1078 - MERETAS JALAN KEMENANGAN


Nama Inisiator

Ernesta Leha

Bidang Seni

sastra

Pengalaman

Baru Memulai

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

Kategori Proyek

akses

Deskripsi Proyek

Yang saya akan lakukan dalam proyek ini adalah menulis Novel yang diangkat dari kisah nyata, tentang perjuangan seorang perempuan bangkit dari keterpurukan, pernikahan yang ditentang orangtua, benturan budaya yang dilematis, perselingkuhan suaminya, lalu kekerasan demi kekerasan yang dilakukan suaminya sampai pada kasus penelantaran selama 5 tahun dan akhirnya harus melewati kasus perceraian yang berat dan dilematis karena agama yamg dianutnya melarang perceraian atas dasar apapun. Tapi akhirnya dia berhasil keluar sebagai pemenang, di tengah konflik rumah tangganya, dia berhasil menempuh kuliah S2 dan lulus Cum Laude lalu mendapatkan beasiswa untuk menempuh kuliah Program Doktor dan saat ini sedang menyelesaikan disertasinya. Harapannya, semoga Novel ini bisa menjadi kisah inspiratif bagi perempuan lain, supaya tidak pantang menyerah dalam masalah apapun, selalu termotivasi untuk meretas Jalan Kemenangan.

Latar Belakang Proyek

Proyek ini dilatarbelakangi oleh pengalaman hidup saya sendiri, yang terjebal dalam pernikahan yang penuh kekerasan, perselingkuhan berulang - ulang oleh Suami, ancaman pembunuhan dan penculikan anak, sampai alhirnya harus melewati sidang KDRT dan sidang cerai berbulan - bulan di Pengadilan Negeri, ditentang oleh Gereja karena Gereja Katolik tidak memperbolehkan adanya perceraian, lalu sanksi sosial yang harus diterima sebagai single parent, dan masih banyak lagi konflik batin yang harus dilewati. Demi anak, saya mencoba bangkit dari keterpurukan, meretas Jalan Kemenangan dengan cara kuliah S2 dan lulus Cum Laude, lalu Kuliah S3 dan ternyata spirit yang saya miliki membuat saya menjadi tempat pelarian teman - teman perempuan yang juga mengalami KDRT dan perselingkuhan oleh suami. Mereka selalu datang pada saya meminta motivasi dan saya sangat bahagia berbagi spirit hidup dengan mereka. Atas dasar itu lalu saya merasa tergerak untuk membagi kisah hidup saya dalam bentuk novel agar perempuan - perempuan di luar sana tidak tenggelam dalam keputusasaan tetapi bangkit dari keterpurukan dan keluar sebagai Pemenang Kehidupan.

Masalah yang Diangkat

Masalah yang saya angkat adalah masalah KDRT, Perselingkuhan, Penelantaran, dan bagaimana menghadapi Gereja yang menentang perceraian dan yang terakhir adalah bagaiman agar Perempuan bisa tetap survive setelah bercerai.

Indikator Sukses

1) Hasil Proyek Dalam Bentuk Buku Novel 2) Adanya acara Bedah buku

Lokasi

Kota Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur

Dana yang Dibutuhkan

Rp.70 Juta

Durasi Proyek

8 bulan