Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

1076 - STAY ON THE ROAD: PAINTING THE BEAUTY OF INDONESIA


Nama Inisiator

Ramadhyan Putri Pertiwi

Bidang Seni

seni_rupa

Pengalaman

6 tahun

Contoh Karya

_20171122_034718.JPG

Situs Web

ramadhyanart.blogspot.co.id

Media Sosial

@rama_ramrama

Kategori Proyek

perjalanan

Deskripsi Proyek

Plein Air adalah kegiatan melukis secara langsung/ on the spot di tempat-tempat yang menarik pada momen tertentu. Proyek ini adalah proyek penjelajahan alam dan budaya, Melukis keindahan alam indonesia secara langsung (plein air painting) di berbagai tempat di Indonesia, kemudian hasil karya lukisan akan dipamerkan. 50% hasil penjualan/lelang Karya akan di sumbangkan kepada Pusat Penangkaran Hewan dan Pelestarian Alam Borneo Orangutan Survival Foundation / BOS Samboja Lodge di Kalimantan Timur. Objek lukisan akan diutamakan pada tempat-tempat yang memiliki keunikan budaya dan memiliki keindahan bentang alam. 8 tempat yang akan di jelajahi adalah Tanah Toraja, Taman Nasional Taka Bonerate, Nagari 1000 Rumah Gadang, Pulau Pagang, Pasar Terapung Banjarmasin, Taman Nasional Baluran, Desa Mas Gianyar Barat dan Pulau Banda. Perjalanan akan dimulai pada tanggal 27 April 2018 sampai 16 Juli 2018. Hasil Akhir Proyek berupa (Pameran lukisan), Tulisan, Foto serta video.

Latar Belakang Proyek

Indonesia merupakan negara yang dilalui garis khatulistiwa, Hal tersebut menjadikan Indonesia beriklim tropis dengan beragam jenis flora dan fauna hidup dan tumbuh subur di Indonesia. Bentang alam yang terdapat di Indonesia beragam dan sangat indah. Bentang alam tersebut bermacam-macam jenisnya mulai dari pegunungan, bukit-bukit yang menghampar, hutan, pantai dan berbagai bentang alam lainnya. Begitu banyak keindahan yang ada di negara kepulauan Indonesia. Banyak wisatawan asing datang dari tempat jauh untuk menikmati pemandangan alam Indonesia yang eksotis. Sejak dulu, wisatawan asing sudah datang ke Indonesia. Beberapa dari mereka mengabadikan keindahan Indonesia melalui foto, video, musik, tulisan ataupun dengan media lain seperti lukisan yang dibuat oleh pelukis-pelukis periode Mooi Indie tahun 1878. Pelukis-pelukis tersebut datang ke Indonesia dengan tujuan melukiskan keindahan alam serta keeksotisan budayanya. Mooi Indie sendiri berarti Indonesia Jelita.

Masalah yang Diangkat

Ditengah maraknya lukisan lukisan bertema pop dan dengan gaya kontemporer, Para pelukis Mooi Indie menginspirasi saya untuk kembali mengangkat keindahan alam Indonesia ke dalam lukisan. Adapun yang membedakan dengan Mooi Indie yang bersifat naturalis adalah penggunaan gaya melukis yang lebih impresif dengan warna-warna yang lebih cerah. Lukisan dibuat langsung ditempat kejadian atau disebut juga plein air. Judul Stay On The Road yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘tetap dijalan’, dimaknai sebagai perjalanan dalam misi tertentu. Terdapat suatu tujuan dari diadakannya perjalanan yang panjang. Sub judul yaitu Painting the Beauty of Indonesia, yang berarti melukis keindahan Indonesia, merupakan tujuan dari diadakannya perjalanan tersebut.

Indikator Sukses

Kesuksesan acara dilihat dari antusias dan respon para penikmat seni mulai dari Mahasiswa, seniman, korator, kolektor, hingga pemikir di bidang seni. Pameran mendapatkan respon positif dari hasil kerja keras yang sudah dilakukan, serta lukisan dapat terjual untuk memenuhi target bagi hasil kepada Pusat Penangkaran Hewan dan Pelestarian Alam Borneo Orangutan Survival/BOS Samboja Logde di Kalimantan Timur.

Lokasi

Jawa Timur, Sulawesi Selatan. Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Bali, Maluku

Dana yang Dibutuhkan

Rp.350 Juta

Durasi Proyek

9 bulan