Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

1065 - Siklus


Nama Inisiator

Regina Surbakti

Bidang Seni

audiovisual

Pengalaman

3 tahun

Contoh Karya

contoh karya.mp4

Situs Web

https://www.youtube.com/watch?v=RkWJ1ZXKoXo

Media Sosial

Instagram = @eunogina

Kategori Proyek

akses

Deskripsi Proyek

Saya akan membuat 3 buah video eksperimental yang menceritakan seorang tokoh bernama Dina yang terlibat dalam sebuah siklus terjadi dan dampak dari pelecehan seksual. Sub judul dari ketiga video tersebut adalah Bisik,Hanyut,dan Mula dan masing masing berdurasi ±3 menit. Pesan yang ingin disampaikan pada video ini adalah betapa keluarga menjadi peran penting dalam pembentukan karakter seseorang dengan target audien utama yang dituju adalah keluarga dari korban dan keluarga pelaku terjadinya pelecehan seksual. Tujuan yang paling utama adalah memperoleh kesadaran audien untuk membangun keluarga dengan yang sehat dan memberikan pendidikan seks sebagai sesuatu yang penting, bukan tabu.

Latar Belakang Proyek

Saya membenci laki laki,awalnya. Saya merupakan korban kekerasan dan pelecehan seksual, bahkan oleh keluarga sendiri. Karena itu Saya telah membenci laki laki sejak kecil. Kesibukan dari kedua orang tua yang bekerja membuat saya pribadi menjadi begitu penasaran dengan segala macam seksualitas yang tersirat di televisi,internet,bahkan media cetak. Sayapun “terlibat” dan menyalahkan kedua orang tua karena keadaaan itu. Kebencian itu bertambah ketika saya berumur 14 tahun, pria yang kukira panutan berselingkuh. Belum lagi teman saya yang hampir bunuh diri karena ditinggalkan kekasihnya setelah memberikan kehormatannya. Semakin luka dan benci. Sampai akhirnya saya mengetahui, kalau pria panutan saya itu juga korban dari kekerasan dan tekanan yang diberikan keluarganya.Saat saya yang biasanya membela diri sebagai korban kekerasan seksual dan sepenuhnya menyalahkan laki laki kemudian terbentur kenyataan bahwa mereka juga merupakan korban. Korban dari kurangnya pendidikan seks, korban dari sistem patriaki yang dianggap normal dan korban dari konsepsi keluarga yang dituntut sempurna entah apapun kesulitannya. Sayangnya tidak semua invidu sadar bahwa dia juga merupakan korban bahkan dapat berperan serta pada kemungkinan terjadinya pelecehan seksual. Kita semua korban. Saya ingin kita sama sama sadar lalu mencabut akar pelecehan seksual,bersama.

Masalah yang Diangkat

Video seni eksperimental digunakan untuk mempermudah penyampaian pesan yang berkesan sehingga dapat diingat dari setiap audien. Pendekatan ini juga bertujuan untuk menyampaikan pesan yang tidak vulgar sehingga dapat didiskusikan dan merangsang orang untuk berinteraksi,terbuka dan pulih. Dalam pembuatannya video ini melibatkan bantuan dari banyak orang mulai dari masa Pra-,Produksi sampai Pasca Produksi. Selain itu dibutuhkan juga akses finansial untuk memenuhi kebutuhan alat seperti sewa lensa, Lighting,sewa lokasi syuting dan membeli Artisitik bahkan sekedar konsumsi talent. Oleh karena itu, Saya sangat mengharapkan bantuan dari Cipta Media Ekspresi ini untuk berpartisipasi dengan karya ini dalam bentuk akses finansial.

Indikator Sukses

Adanya penayangan video Siklus dan diskusi pada forum forum perjuangan rakyat.

Lokasi

DI Yogyakarta

Dana yang Dibutuhkan

Rp.15 Juta

Durasi Proyek

3 bulan