Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

1056 - SISTER (Art Exhibition)


Nama Inisiator

Rahma Diastanti

Bidang Seni

seni_rupa

Pengalaman

8 Tahun

Contoh Karya

leotard.png

Situs Web

Media Sosial

@tantitentomon / @sunriserepublic.id

Kategori Proyek

kerjasama_kolaborasi

Deskripsi Proyek

Sebuah proyek Art Exhibition dimana para penampil karyanya adalah perempuan. Ruang dan waktu disediakan untuk mereka yang baru saja memulai hingga mereka yang sudah memiliki eksistensi di bidang kesenian yang ditekuni. Tidak hanya visual art, SISTER juga menghadirkan jenis karya seni lainnya seperti performance art, performing art, karya sastra, dan berbagai jenis karya lainnya. Pameran ini nantinya akan diadakan di dalam dan luar ruangan serta dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat (laki-laki dan perempuan). Tidak hanya memajang dan menampilkan karya, SISTER juga mengadakan kegiatan workshop untuk masyarakat umum sebagai pesertanya dan diskusi karya dengan para seniman yang turut andil dalam acara ini nantinya. Acara ini di harap dapat menjadi ruang yang baik serta penghubung antar perempuan yang berkarya (di Surakarta khususnya) untuk dapat saling berbagi pengalaman dan proses berkaryanya. Menjadi media untuk para perempuan dalam menyampaikan aspirasinya terhadap berbagai hal yang menjadi pergolakan dalam kehidupan ataupun hanya sekedar menyampaikan curahan hati dalam bentuk karya seni yang dapat dinikmati oleh khalayak. Kegiatan ini akan didokumentasikan dalam bentuk foto dan video yang kemudian diunggah ke dalam sosial media guna membagikan informasi tentang apa dan bagaimana kegiatan ini terlaksana.

Latar Belakang Proyek

Banyaknya seniman pria yang mendominasi di setiap pameran-pameran kesenian membuat para pelaku seni perempuan terbiaskan. Padahal sebenarnya ada cukup banyak nama perempuan yang belum terdengar dan membawa gagasan menarik untuk dihadirkan di masyarakat. Kegiatan ini mencoba untuk mengemukakan kembali kritik-kritik yang tersembunyi dan terlupakan dengan merespon modernitas perempuan di masa kini, kemudian mengekspresikannya dalam beragam bentuk karya seni dan budaya. Banyaknya keterlibatan perempuan dalam kehidupan dunia, sehingga banyak melahirkan karya seni dari berbagai arah yang mungkin sangat pantas tersaji di ruang-ruang publik. Melihat sisi lain dari perempuan yang tak terbatas kemudian menyediakannya ruang dan waktu untuk berinteraksi langsung dengan sesamanya dan dengan masyarakat luas sehingga terciptanya sebuah ruang baru untuk mengekspresikan diri dengan lebih terbuka.

Masalah yang Diangkat

Perempuan berkarya memang bukan sesuatu yang terdengar asing di masa sekarang. Namun hanya beberapa nama terdengar dengan prestasi yang sangat membanggakan. Di mana yang lainnya? Bukannya tidak ada lagi, hanya saja kesempatan mereka untuk memunculkan dirinya di publik lah yang masih sangat sedikit. Bukan berarti juga kesempatan itu hilang. Padahal ruang dan waktu mereka sebenarnya sangatlah banyak. Ruang-ruang ini biasanya hanya diisi dengan satu disiplin seni saja. Seni visual sendiri, seni pertunjukkan sendiri, dan karya sastra sendiri. Mengapa tidak menggabungkannya menjadi sebuah pameran seni dengan berbagai disiplin kesenian? Menurut saya akan sangat menarik jika hal tersebut dapat terealisasikan dengan baik sehingga dapat menggugah sensibilitas rasa dan semangat berkarya yang baru. Melebur batasan-batasan yang ada sehingga menjadi tak terbatas secara teratur dan berirama.

Indikator Sukses

- terciptanya ruang yang baru khusus para perempuan untuk berkarya bersama. - dapat melibatkan sebanyak mungkin perempuan yang berkarya (bukan hanya seniman). - menggugah rasa percaya diri para perempuan untuk terus aktif berkarya dan saling menginspirasi satu sama lain. - menghadirkan lintas disiplin seni dan saling bertukar pengetahuan serta pengalaman dari masing-masing pelaku seninya. - menjalankan semua recanana kegiatan sesuai dengan waktunya. - terselenggaranya kembali kegiatan serupa dengan tema-tema yang lain di tahun berikutnya.

Lokasi

Surakarta, Jawa Tengah

Dana yang Dibutuhkan

Rp.80 Juta

Durasi Proyek

3 bulan