Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

1048 - Studio Tekstil WIRU ramah lingkungan


Nama Inisiator

Caroline Rika Winata

Bidang Seni

kriya

Pengalaman

17 tahun

Contoh Karya

KARYA-RIKA-W.mp4

Situs Web

www.carolinerikawinata.blogspot.com, www.textstyleproject.wordpress.com, www.wiruwirone.com

Media Sosial

instagram : caroline_rika

Kategori Proyek

akses

Deskripsi Proyek

Menyelesaikan pembuatan studio tekstil di rumah pribadi dengan sistem pembuangan limbah dan sirkulasi udara yang baik. Bekerja sama dengan pihak-pihak yang ahli dalam pembuatan sistem pengolahan limbah, salah satunya dengan menggunakan bakteri. Membangun studio yang bisa diakses oleh umum dan mahasiswa, juga oleh ibu-ibu dan anak-anak disekitar rumah kami untuk belajar dan berkarya.

Latar Belakang Proyek

Saya sedang dalam proses membangun studio tekstil yang ramah lingkungan di rumah kami, namun terhenti karena terkendala biaya dalam menyelesaikannya. Sebagai seorang seniman, desainer dan ibu rumah tangga, studio yang berada di dalam rumah pribadi adalah sebuah kenyamanan, karena bisa diakses setiap saat, misalnya ketika tengah malam sambil menjaga anak tidur. Karena berada di lingkungan tempat tinggal, maka studio juga sering diakses oleh anak-anak dan terkadang dipakai untuk acara pertemuan di rumah. Saya bekerja dengan material yang menghasilkan limbah selama proses pembuatan karya, maka sudah menjadi kewajiban dan tanggung jawab dari saya untuk mengolah kembali limbah yang dihasilkan supaya tidak mencemari lingkungan di sekitar. Saya juga melihat belum banyak seniman, desainer, dan pengrajin yang membuat sistem pengolahan dari limbah yang dihasilkan. Padahal kebanyakan studio berada di lingkungan kampung dan perumahan. Semoga studio ini bisa menjadi salah satu contoh studio yang ramah lingkungan.

Masalah yang Diangkat

Menyelesaikan pembuatan studio tekstil, melengkapi dengan alat-alat untuk studio basah dan kering. Membangun infrastruktur pengolahan limbah cair yang dihasilkan dari proses pewarnaan sintetis dan alami pada kain. Membuat sistem sirkulasi udara yang aman dan sehat untuk lingkungan dari bau dan debu kain yang dihasilkan selama proses pembuatan karya.

Indikator Sukses

Berhasil mengolah limbah cair sehingga hasil buangan bisa dialirkan ke kolam ikan. Bau tidak nyaman dari proses pembuatan karya tidak mengganggu lingkungan sekitar. Studio tekstil yang nyaman dan aman untuk menjadi tempat belajar bagi anak-anak dan orang dewasa. Studio bisa menjadi contoh, menginspirasi dan menjadi tempat belajar publik dan pekerja seni lainnya dalam membangun studio kerja yang ramah lingkungan.

Lokasi

Bangunjiwo - Bantul, D.I Yogyakarta

Dana yang Dibutuhkan

Rp.175 Juta

Durasi Proyek

3 bulan