Anda berada di mode pratinjau.
| |

Pemohon Hibah

AGUSTIN PANDHUNIAWATI HERYANI


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

kuratorial

Pengalaman Berkarya

4 tahun

Contoh Karya

Situs Web

https://jogjamenari.blogspot.co.id/2018/02/portfolio-of-jogjamenariblogspotcoids.html

Media Sosial

Instagram Paradancer: https://www.instagram.com/paradancer/ ; instagram pribadi: https://www.instagram.com/niaagustinaaa/

Proyek


No. Formulir

1043

Judul Proyek

HIBAH CIPTA KOREOGRAFI PARADANCER UNTUK KESETARAAN GENDER

Lokasi Proyek

DI Yogyakarta

Deskripsi Proyek

Melalui Paradancer, platform festival dan klub belajar untuk koreografer muda yang saya buat tahun 2014, proyek hibah cipta koreografi untuk kesetaraan gender ini akan digulirkan dengan jalan open call dan seleksi proposal karya bertemakan kesetaraan gender. 3 proposal serta CV terbaik akan diberikan hibah tunai untuk berkarya, workshop, dan pendampingan oleh pakar baik di bidang koreografi maupun pakar di isu gender. Sasarannya adalah koreografer muda baik laki-laki maupun perempuan. Hibah ini tidak membedakan pelamar laki-laki maupun perempuan karena kesetaraan terwujud jika kita membangun pengertian pada kedua pihak yang tidak setara tersebut. Perempuan harus didorong untuk meraih kesempatan dan laki-laki juga harus didorong untuk memahami kesamaan hak atas kesempatan. Lagipula, dalam kancah praktik pengarusutamaan gender mutakhir pelibatan laki-laki adalah satu strategi yang penting. Selain pertunjukan, hibah ini mengharuskan peraih hibah untuk membuat catatan selama perjalanan proses yang nantinya akan dipublish di paradancerjogja.wordpress.com, sebagai salah satu tanggung jawab publik penerima hibah.

Kategori

riset_kajian_kuratorial

Latar Belakang Proyek

Saya melihat dalam kurun waktu 3 tahun belakangan banyak koreografer muda yang bergelut di isu gender, feminisme, dan kesetaraan namun dari karyanya terbaca bahwa perspektif mereka masih bias, pun mereka tidak terlihat memiliki sikap terhadap isu ini. Sebagai pengada platform belajar untuk koreografer muda, sekaligus relawan di isu perempuan dan anak, saya merasa bertanggung jawab untuk mewujudkan lingkaran penciptaan yang lebih kritis dan politis, terutama jika terkait isu semacam ini. Karena jika pertunjukan berhasil menanamkan perspektif yang benar soal gender dan kesetaraan kepada penonton,maka pertunjukan ini memiliki kontribusi yang sangat penting di masyarakat, namun jika pertunjukan terkait tema ini masih bias, maka pertunjukan ini juga memiliki sumbangsih terhadap kegagalan pemahaman atas kesetaraan.

Masalah yang Diangkat

Hibah Cipta Koreografi Paradancer untuk Kesetaraan Gender ini dari judulnya sudah terlihat akan mengangkat masalah apa: Namun selain soal tema kesetaraan gender, masalah yang ingin kami atasi juga tentang akses pengetahuan terkait isu ini, juga soal memulai akses hibah kecil-kecilan bagi koreografer muda yang biasanya masih sulit menjangkau hibah penciptaan skala nasional maupun internasional.

Durasi Proyek

8 bulan

Indikator Sukses

*3 koreografer muda peraih hibah dapat menampilkan pertunjukan tari terkait isu gender dan kesetaraan dengan perspektif yang tidak bias. *3 koreografer muda ini mempublish catatan proses di paradancerjogja.wordpress.com

Dana Hibah

Rp.108.1 Juta