Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

1035 - Filosofi dan misteri ubo rampe sesaji Jawa


Nama Inisiator

Richma Hidayati

Bidang Seni

penelitian

Pengalaman

1 tahun

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

Kategori Proyek

perjalanan

Deskripsi Proyek

Saya ingin mengungkap tentang tatanan adat jawa yang sebenarnya dan sudah hampir punah dengan mengungkap filosofi serta misteri yang terdapat dalam tatanan ubo rampe sesaji.

Latar Belakang Proyek

Gagasan proyek saya ini sejalan dengan dirintisnya kampung adat panji di kediri. Meskipun para pelakunya rata-rata laki-laki namun saya sebagai perempuan ingin bisa mengangkat budaya jawa dari sisi etika dan kesantunan sehingga bisa menjadi Pembelajaran bagi generasi selanjutnya serta melestarikan budaya jawa yang sarat akan makna kehidupan.

Masalah yang Diangkat

Banyak orang yang salah kaprah akan tatanan ubo rampe sesaji dan aliran kepercayaan jawa. Kediri menjadi pusat akan jawa yang sebenarnya dan sekarang sedang dirintis kampung adat panji. Saya ingin mengungkap akan arti jawa yang sebenarnya lebih santun dg etika terhadap sesama dan juga semesta

Indikator Sukses

Masyarakat bisa kembali pada bentuk etika dan tidak melupakan sejarah dan serta mampu melestarikan budayanya. Bahkan tidak hanya di indonesia namun juga di mancanegara bisa mengenal dan memahami akan budaya jawa. Kampung adat terbentuk disertai dengan buku yang bisa menjadi pembelajaran bagi generasi dan tidak akan lekang oleh waktu.

Lokasi

Kediri Jawa Timur

Dana yang Dibutuhkan

Rp.250 Juta

Durasi Proyek

9 bulan