Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

1020 - Lagu untuk Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak


Nama Inisiator

Niken Anggrek Wulan

Bidang Seni

musik

Pengalaman

3 tahun

Contoh Karya

19Putus Saja Putus.mp3

Situs Web

rannisakustik.wordpress.com

Media Sosial

Instagram: rannisakustik

Kategori Proyek

kerjasama_kolaborasi

Deskripsi Proyek

Dalam proyek ini, peserta diajak untuk merefleksikan pengalamannya terkait kekerasan berbasis gender, serta mendiskusikan akar/penyebab terjadinya kekerasan melalui pengalamannya tersebut. Dari situ, peserta diajak untuk menciptakan lagu secara berkelompok. Selanjutnya peserta mendiskusikan hasil lagu ciptaannya pada peserta lainnya untuk mendapatkan tanggapan tentang lirik serta aransemennya. Setelah itu, lagu dapat ditampilkan di komunitas masing-masing peserta sebagai kampanye untuk penghapusan kekerasan.

Latar Belakang Proyek

Kurang lebih tiga tahun saya menjadi bagian dari komunitas seni yang mempunyai fokus penghapusan kekerasan terhadap perempuan melalui lagu. Sepanjang pengalaman saya, lagu ternyata memudahkan seseorang mengungkapkan pengalaman kekerasan yang dialami, mulai dari kekerasan seksual, kekerasan dalam relasi pacaran, atau kekerasan seksual dalam relasi suami istri. Selain itu, dengan lagu saya merasa lebih mudah menyampaikan isu kekerasan terhadap perempuan kepada berbagai macam audiens. Mulai dari anak-anak, remaja, sampai dengan orangtua. Kini, hampir di setiap sosialisasi atau fasilitasi yang saya lakukan, ada materi yang saya sampaikan dengan media lagu. Misal, di acara pertemuan guru, pertemuan orangtua/walimurid, acara arisan di kampung, 17-an, jalan sehat, dll. Dari pengalaman tersebut, saya ingin kembali mengadakan workshop cipta lagu untuk remaja maupun orangtua, berkolaborasi dengan musisi di DI Yogyakarta yang bertujuan untuk memperbanyak lagu yang dapat digunakan dan disebarkan baik oleh pencipta lagunya atau orang lain untuk kepentingan kampanye penghapusan kekerasan berbasis gender yang terutama menimpa perempuan dan anak perempuan.

Masalah yang Diangkat

Kekerasan terhadap perempuan dan anak masih terjadi di DI Yogyakarta, dan merupakan fenomena gunung es. Masih banyak perempuan yang masih bertahan dalam hubungan yang berkekerasan. Sementara itu, kekerasan seksual dan perkawinan usia anak juga masih marak terjadi. Oleh sebab itu,upaya pencegahan dan penanganan kekerasan-kekerasan tersebut harus lebih banyak dilakukan, salah satunya lewat media lagu.

Indikator Sukses

Tercipta 10 lagu yang bertemakan kekerasan terhadap perempuan dan anak. Lagu tersebut digunakan sebagai media kampanye pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak, misal ditampilkan di acara peringatan hari besar, pengajian/acara keagamaan, sosialisasi di kelompok ibu, kelompok ayah, maupun remaja.

Lokasi

DI Yogyakarta

Dana yang Dibutuhkan

Rp.17.8 Juta

Durasi Proyek

2 bulan