Anda berada di mode pratinjau.
| | |

Pemohon Hibah

liesdawati


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

lainnya

Pengalaman Berkarya

baru memulai

Situs Web

https://liesdachalzena.blogspot.co.id

Media Sosial

instagram : liesdach_alzena

Proyek


No. Formulir

1016

Judul Proyek

Eksplorasi Budaya pada Gunung-gunung tertinggi Sulawesi

Lokasi Proyek

Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Gorontalo

Deskripsi Proyek

Sulawesi yang dahulu dikenal sebagai Celebes adalah sebuah pulau di Indonesia yang merupakan salah satu dari empat kepulauan Sunda besar, dan merupakan pulau terbesar kesebelas di dunia. Sulawesi terdiri dari 6 Provinsi yakni : Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, dan Gorontalo. Pada proyek ini akan dilakukan eksplore pulau sulawesi dengan mendaki gunung-gunung tertinggi, melakukan pendataan yang berkaitan dengan gunung tersebut dan kehidupan sosial masyarakat disekitar kaki gunung khususnya mengenai tradisi dan budaya. Adapun gunung-gunung yang menjadi target antara lain : gunung gandang dewata yang merupakan gunung tertinggi di Sulawesi Barat terletak di kabupaten Mamasa, gunung sojol yang merupakan gunung tertinggi di Sulawesi Tengah terletak di kabupaten Parigi Moutong, gunung mekongga yang merupakan gunung tertinggi di Sulawesi Tenggara terletak di kabupaten Kolaka, gunung latimojong yang merupakan gunung tertinggi di Sulawesi Selatan terletak di kabupaten Enrekang, gunung klabat yang merupakan gunung tertinggi di Sulawesi Utara terletak di daerah airmadidi, Gunung Tabongo merupakan gunung tertinggi di Gorontalo terletak di kabupaten Boalemo. Gunung-gunung tersebut memiliki sejarah, mitos dan legenda masing-masing. Hasil dari eksplorasi tersebut akan didokumentasikan dan dirangkum menjadi sebuah karya dalam bentuk tulisan yakni sebuah buku yang menceritakan tentang ekplorasi budaya gunung-gunung tertinggi Sulawesi.

Kategori

perjalanan

Latar Belakang Proyek

Gunung adalah sumber ilmu, ada banyak sekali ilmu yang sesungguhnya bisa kita petik dari kegiatan mendaki gunung, beberapa diantaranya yakni : Ilmu pengetahuan alam, ilmu social, dan ilmu filsafat , Sedangkan Pendakian gunung merupakan suatu olahraga keras, penuh petualangan dan membutuhkan keterampilan, kecerdasan, kekuatan serta daya juang yang tinggi. Beberapa gunung memiliki budaya dan keunikan masing-masing. Di Sulawesi sendiri masih jarang pendaki perempuan yang melakukan eksplorasi budaya sekaligus mendaki gunung-gunung tertinggi disana, apalagi menuangkannya dalam sebuah karya berupa tulisan mengenai gunung tersebut, tradisi dan kebudayaan masyarakat yang berada disekitar kaki gunung. Terkadang perempuan yang merupakan kaum minoritas dianggap remeh dilihat dari kekuatan fisik namun proyek ini akan menjadi sebuah ajang untuk menunjukkan kemampuan, skill, pengetahuan dan semangat yang dimiliki perempuan untuk mampu mendaki puncak-puncak tertinggi di Sulawesi, sekaligus melakukan eksplorasi budaya dimana sebagian diantaranya adalah daerah pedalaman. Jika selama ini pendakian hanya menghasilkan dokumentasi yang menjadi sebuah kebanggaan maka pendakian kali ini harus benar-benar maksimal dengan menghasilkan sebuah karya yang akan dikenal oleh masyarakat luas.

Masalah yang Diangkat

Pendakian gunung merupakan suatu olahraga keras, penuh petualangan dan membutuhkan keterampilan, kecerdasan, kekuatan serta daya juang yang tinggi, tak jarang perempuan sebagai kaum minoritas kadang diremehkan dalam hal ini, apalagi untuk gunung-gunung Sulawesi yang jalurnya tergolong sulit, beberapa diantaranya sarat akan mitos dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menggapai puncaknya. Proyek ini akan menjadi sebuah peluang untuk berkarya dan menunjukkan bahwa perempuan juga bisa, bukan hanya dalam hal pendakian yang membutuhkan skill dan kekuatan fisik tersebut, akan tetapi perempuan bahkan mampu berprestasi dengan menghasilkan sebuah karya dari pendakian dan eksplorasi budaya yang telah dilakukannya.

Durasi Proyek

9 bulan

Indikator Sukses

1. Terbitnya sebuah buku yang menceritakan tentang eksplorasi budaya pada gunung-gunung tertinggi Sulawesi 2. Adanya acara pameran foto, diskusi, sekaligus launching “buku” hasil karya dari eksplorasi budaya dan pendakian yang telah dilakukan. 3. Adanya publikasi dokumentasi dan cerita perjalanan pada medsos.

Dana Hibah

Rp.96 Juta