Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

1013 - Project Bumbon


Nama Inisiator

Theresia Agustina Sitompul

Bidang Seni

seni_rupa

Pengalaman

14 tahun

Contoh Karya

Katalog BABON uncover_lowres.pdf

Situs Web

Media Sosial

IG : @teretheresiatere , @bumbonproject

Kategori Proyek

kerjasama_kolaborasi

Deskripsi Proyek

Pameran Seni Perupa Perempuan di Jakarta dan Bali. Pameran diikuti oleh perupa Project Bumbon ditambah perupa perempuan di Jakarta dan Bali. Penyelenggaran pameran Project Bumbon di Jakarta dan Bali dilakukan dengan kuratorial. Tulisan pada katalog pameran dibuat oleh lima orang penulis yang masing-masing akan membahas tema berbeda meliputi tema karya yang dipamerkan, bentuk visual, gagasan dan visi para perupa pada project Bumbon. Pada setiap pameran akan diselenggarakan diskusi serta “Artist Floor Talk” mengundang para perupa perempuan setempat (Jakarta dan Bali), pelaku seni budaya dan masyarakat umum. Artist Floor Talk akan menjadi media interaksi perupa dan masyarakat. Perupa akan bisa berbagi visi berkeseniannya dan proses kreatif yang dijalani. Masyarakat juga akan bisa mengembangkan apresiasi seninya.

Latar Belakang Proyek

Project Bumbon yang berawal di yogyakarta pada tahun 2015 digagas untuk mewadahi perupa perempuan yang mempunyai keselarasan dalam visi berkesenian. Diantaranya adalah tetap berkarya ditengah peran sebagai ibu rumah tangga serta ingin saling menguatkan dalam berkesenian. Kami juga menyadari dalam berkesenian membutuhkan sistem pendukung dan project Bumbon digagas dengan visi dapat menjadi salah satu sistem pendukung perupa perempuan di Indonesia dalam berkesenian. Project Bumbon menjadi media dari keinginan untuk saling menguatkan para perupa perempuan untuk tetap berkarya, menularkan semangat untuk tetap berkarya. Project Bumbon pertama terdiri dari lima perupa. Pada project kedua jumlah perupa bertambah menjadi 13 orang sesuai dengan salah satu visi Bumbon,menularkan semangat untuk terus berkarya. Setelah menyelenggarakan event yang ke tiga kami menyadari banyak keterbatasan dari project Bumbon. Sampai pada tahun 2018 penyelenggaraan pameran project Bumbon selalu kami kelola bersama, tanpa kuratorial dan manajemen pameran dilakukan oleh perupa dari project Bumbon. Pada tahun 2018 Bumbon akan menyelenggarakan pameran bersama ke 4 dan kami menyadari lingkaran ini butuh diperkuat dan diperluas.

Masalah yang Diangkat

1. Pameran ini bertujuan memamerkan dan memperlihatkan karya seni perupa perempuan khususnya Project Bumbon serta proses kreatif yang telah dilalui. 2. Apresasi serta interaksi dari pameran ini sekaligus sebagai bagian dari perjalanan proses kreatif para perupa dalam project Bumbon. Oleh karena itu terselenggaranya pameran akan menjadi salah satu pemicu untuk langkah berikutnya dalam berkesenian. 3. Kesempatan berkesenian para perupa perempuan terutama yang telah menjadi ibu berbeda dan butuh dukungan baik dari sesama perupa perempuan ataupun kantong kantong seni yang ada.

Indikator Sukses

• Terselenggaranya pameran seni rupa di jakarta danBali • Pameran didatangi oleh perupa perempuan di Jakarta dan Bali • Adanya peserta pameran lain dari Jakarta dan Bali • Terbentuknya konsorsium yang akan menyepakati penyelenggaraan pameran Triennalle dengan peserta perupa perempuan berasal dari Indonesia

Lokasi

Jakarta dan Bali

Dana yang Dibutuhkan

Rp.325 Juta

Durasi Proyek

5 bulan