Anda berada di mode pratinjau.
| | |

Pemohon Hibah

Maria Kartika Widyamurti


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

sastra

Pengalaman Berkarya

Selama 2 tahun berkecimpung sebagai penulis dan editor dalam penerbitan buku Kumpulan Kisah Perempuan karya komunitas Labirin Perempuan.

Situs Web

Media Sosial

https://www.instagram.com/labirinperempuan

Proyek


No. Formulir

1012

Judul Proyek

Buku Kumpulan Kisah Perempuan dengan judul : Pulang

Lokasi Proyek

Malang

Deskripsi Proyek

Karya ini merupakan sebuah karya kolaborasi bersama perempuan-perempuan yang tergabung dalam Labirin Perempuan dan KresKros. Labirin Perempuan adalah sebuah komunitas yang terdiri dari perempuan-perempuan yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga, pekerja, seniman, wiraswasta, dokter, guru SD, guru SLB, pengajar, dan masih banyak lagi. Labirin Perempuan bertujuan untuk memberikan wadah bagi kaum perempuan untuk mengekspresikan karyanya dalam bidang kesusastraan dan mempublikasikan karya-karya tersebut dalam sebuah buku kumpulan kisah-kisah perempuan secara kolektif. Sedangkan KresKros adalah sebuah gerakan independen yang dimulai dari keresahan seorang perempuan akan banyaknya sampah plastik di sekitarnya, dan diwujudkan dalam berbagai bentuk olahan dari daur ulang sampah plastik tersebut. Dengan adanya karya ini, Labirin Perempuan bersama Kreskros akan berkolaborasi meluncurkan buku dengan cover yang terbuat dari daur ulang sampah plastik, demi menggalang perhatian perempuan dan publik secara luas terhadap Bumi dan alam semesta. Selain itu, karya ini juga sekaligus memperkenalkan cover plastik daur ulang yang ramah lingkungan sebagai bentuk kolaborasi perempuan dan kecintaan kami kepada diri kami, orang lain, dan ibu Bumi.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

Rancangan proyek ini muncul dari keinginan untuk berkontribusi terhadap perlindungan Bumi. Karena, sebagai ibu dan perempuan yang juga merupakan entitas yang memiliki kemampuan melahirkan dan memelihara makhluk hidup seperti Bumi ini, kami dapat merasakan kasih sayang yang telah diberikan bumi ini kepada makhluk hidup dan semesta. Kembali pada fungsi alamiahnya, Bumi dan perempuan memiliki kemampuan "nurturing" yang sama. Perempuan mampu mengasuh makhluk hidup lain yang ada di sekitarnya, sama seperti Bumi yang juga mampu mengasuh semua makhluk hidup yang tumbuh dan berkembang di atasnya. Menjaga dan memperhatikan tumbuh kembang makhluk-makhluknya, adalah juga merupakan tugas manusia secara umum, termasuk perempuan secara khusus. Melalui buku ini Labirin Perempuan dan Kreskros berbagi kisah tentang ibu bumi, perempuan, alam semesta, dan proses hidup di dalamnya kepada dunia dan masyarakat dengan tujuan untuk tidak merusak dan membiarkan Bumi menua sia-sia.

Masalah yang Diangkat

Bagaimana peran perempuan dalam mengasuh dan melindungi makhluk hidup, alam, serta lingkungan sekitarnya secara umum serta tetap berdamai dengan keterbatasan dan kodrat alamiahnya sebagai perempuan.

Durasi Proyek

9 bulan

Indikator Sukses

1. Mengajak manusia untuk memahami dirinya sendiri dan alam sekitarnya 2. Menjadi perempuan yang ber(daya)guna, untuk diri sendiri, orang lain, dan alam sekitarnya 3. Menghasilkan sebuah karya buku dengan cover dari sampah plastik daur ulang, yang berisi kisah-kisah inspiratif bagi perempuan dan sekitarnya

Dana Hibah

Rp.39 Juta