Anda berada di mode pratinjau.
| | |

Pemohon Hibah

Mely Frederica Sii Bataona, SE


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

kuliner

Pengalaman Berkarya

2 Tahun

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

facebook: Mely Frederica Bataona

Proyek


No. Formulir

1011

Judul Proyek

Perempuan Papua Bisa

Lokasi Proyek

Jayapura, Merauke, Jakarta

Deskripsi Proyek

Proyek Papua Bisa ini kami harapkan mampu meningkatkan kualitas keterampilan Perempuan yang ada di Tanah Papua agar tidak kalah saing dengan pulau lain diluar Papua. Betapa selama ini Papua identik dengan ketertinggalan baik dari segi sarana dan kualitas sumber daya. Dengan ini diharapkan mampu mendorong mereka untuk menjalankan usaha sampingan dengan yang produk yang memiliki nilai yang lebih baik tanpa harus meninggalkan kodrat sebagai Istri dan Ibu. Mereka akan diberi pelatihan mengenai berbagai resep dan teknik membuat makanan, minuman, kue-kue dan berbagai jenis produk kuliner yang laku dipasaran serta cara pengemasannya sehingga semakin menarik minat orang untuk membeli. Apalagi Papua terkenal dengan hasil bumi yang berlimpah sehingga dengan memiliki pengetahuan untuk mengolahnya, maka hasil bumi tersebut tidak menjadi sajian yang monoton tetapi bertransformasi menjadi produk kuliner yang dapat dijual sehingga menjadi salah satu sumber penghasilan. Dan bisa menjadi produk khas oleh-oleh dari Papua. Dengan proyek ini kami akan mendatangkan tenaga pengajar dari luar Papua yang ahli dibidangnya untuk mengajarkan ilmu kuliner dan hal-hal lain yang terkait dengan itu untuk meningkatkan kualitas mutu produk kuliner. Selain itu kami akan ke luar Papua untuk menimba ilmu dalam kursus pelatihan, kemudian kembali ke Papua untuk mengajarkan kembali ilmu tersebut kepada Perempuan Papua.

Kategori

akses

Latar Belakang Proyek

Latar belakang proyek Papua bisa ini terinspirasi dari kemauan kami untuk bisa meningkatkan mutu keterampilan dalam bidang kuliner, baik itu pengetahuan resep, pengemasan dan cara pemasarannya. Bahwa banyaknya hasil bumi Papua yang terkadang terbuang sia-sia karena orang cenderung bosan dengan penyajian yang kurang menarik minat. Dengan proyek ini diharapkan banyak Perempuan Papua yang terbantu untuk dapat menghasilkan produk yang bernilai jual baik, sehingga mampu menjadi salah satu sumber penghasilan untuk menopang kelanjutan rumah tangga.

Masalah yang Diangkat

Melalui proyek ini akan banyak Perempuan Papua yang memiliki kemampuan daya saing yang baik dengan pulau lain di Nusantara. Permasalahannya bahwa sering hasil jualan tidak laku karena produk yang tidak menarik. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan akan resep, teknik pengemasan maupun pemasarannya. Bahwa untuk memiliki dan mengetahui resep dan tekniknya, beberapa dari mereka tidak mampu untuk mengikuti kursus maupun pelatihan yang biayanya cukup mahal karena mendatangkan pengajar dari luar Papua.

Durasi Proyek

8 bulan

Indikator Sukses

Semakin banyak Perempuan Papua yang memilik produk kuliner berkualitas sehingga mampu menjadi salah satu sumber penghasilan rumah tangga. Serta memiliki percaya diri yang baik karena memiliki pengetahuan yang baik dan cukup dalam bidang kuliner sehingga dapat mengangkat harkat dan martabat sebagai Perempuan Papua.

Dana Hibah

Rp.190 Juta