Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

1009 - “Positive Series” - Women Art Project


Nama Inisiator

Vina Puspita (Komunitas Tulang Rusuk)

Bidang Seni

seni_rupa

Pengalaman

6 tahun

Contoh Karya

Komunitas Tulang Rusuk.pdf

Situs Web

Media Sosial

https://www.instagram.com/tulangrusuk.isi/

Kategori Proyek

akses

Deskripsi Proyek

“Positive Series” Merupakan sebuah rangkaian kegiatan seni rupa yang digagas untuk memfasilitasi kolaborasi seniman perempuan antar generasi, serta mengelaborasi diskursus yang berkembang tentang seni dan perempuan. Proyek ini terbagi ke dalam tiga bentuk keluaran: pendampingan, presentasi karya, dan simposium. 1. Pendampingan: Para perupa dari Komunitas Tulang Rusuk akan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 5-8 orang. Setiap kelompok akan didampingi oleh satu perupa perempuan senior (ditinjau dari pengalaman berkesenian) sebagai mentor dan teman berdiskusi tentang karya masing-masing anggota. 2. Presentasi: Setelah melalui proses pematangan konsep dan berkarya di bawah dampingan perupa senior, setiap kelompok bersama seniman pendamping akan memamerkan karya mereka di ruang-ruang seni yang tersebar di sekitaran Kota Yogyakarta. Pembukaan setiap pameran akan diadakan secara berurutan dalam kurun waktu tertentu sesuai agenda proyek “Positive Series”. 3. Simposium (semi-formal): Setelah pembukaan pameran setiap kelompok terlaksana, Tulang Rusuk akan mengadakan sebuah simposium sebagai puncak program. Dalam simposium tersebut akan diundang beberapa narasumber terkait yang sekiranya bisa memantik diskusi tentang seni dan perempuan. Simposium sebagai ruang bertemu dan berdiskusi, bertujuan untuk membaca gerak seniman perempuan Indonesia saat ini dan merumuskan langkah positif selanjutnya. Keluaran hasil simposium dapat diterbitkan dalam bentuk esai atau format tulisan lainnya.

Latar Belakang Proyek

Komunitas Tulang Rusuk adalah komunitas perupa perempuan dari jurusan Seni Murni, Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta yang terbentuk sejak awal tahun 2014. Inisiatif pembentukan komunitas tersebut mula-mula muncul dari keinginan menjalin solidaritas dan bersinergi dalam berkesenian di tengah dominasi seniman laki-laki. Peran Komunitas Tulang Rusuk tidak hanya sebagai ruang ekspresi, tetapi juga ruang belajar dan berkolaborasi. Harapannya agar perupa perempuan bisa semakin produktif, terbuka dan berdaya. Program pendampingan dalam proses berkarya seni merupakan salah satu cara untuk menjembatani kolaborasi seniman muda dengan para seniman senior. Selain membuka peluang distribusi pengetahuan, upaya untuk saling mengenal ini dapat meningkatkan kualitas hubungan dan sinergi antar generasi perupa perempuan. Selanjutnya, kajian tentang isu-isu perupa perempuan di Indonesia turut menjadi perhatian Tulang Rusuk. Minimnya pembahasan maupun ruang diskusi terkait topik tersebut, melatarbelakangi digagasnya acara simposium. Simposium memfasilitasi para perempuan dalam ranah kesenian untuk menyampaikan pemikiran-pemikiran, mengkritisi serta mencari solusi bersama. Hal ini merupakan suatu langkah yang penting sebagai bentuk evaluasi terhadap praktik berkesenian perempuan. Melalui rangkaian Women Art Project bertema “Positive Series”, Komunitas Tulang Rusuk bersama publik hendak merayakan perempuan yang produktif dalam karya dan cipta. Di sisi lain juga merupakan sebuah refleksi bagi perempuan untuk terus berkembang menjadi lebih baik dalam berbagai aspek.

Masalah yang Diangkat

“Positive Series” menekankan aspek kolaborasi antar generasi seniman dan produksi pengetahuan tentang isu perempuan dalam praktik maupun kajian seni rupa.

Indikator Sukses

• Kerjasama dengan Perupa Senior dapat berlangsung dengan baik • Proyek “Positive Series” dapat meningkatkan awareness publik terhadap perupa perempuan. Hal ini ditunjukkan melalui jumlah & keaktifan partisipan simposium • Komunitas Tulang Rusuk dan seniman pendamping dapat mempresentasikan karya dengan baik dalam pameran • Program berjalan sesuai timeline • Lahirnya inisiatif-inisiatif kolaborasi lanjutan

Lokasi

DI Yogyakarta

Dana yang Dibutuhkan

Rp.84 Juta

Durasi Proyek

7 bulan