Anda berada di mode pratinjau.
| | |

Pemohon Hibah

MARIANA AGUSTA NOYA LETUNA


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

seni_rupa

Pengalaman Berkarya

9 tahun

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

Instagram : xtraordinarynoya

Proyek


No. Formulir

81

Judul Proyek

Origami Tenunan NTT

Lokasi Proyek

Nusa Tenggara Timur

Deskripsi Proyek

Proyek yang ingin saya lakukan adalah Origami Tenunan NTT menjadi Fashion yang bisa digunakan oleh kaum muda tanpa harus menggunting atau memotong tenunan tersebut. Proyek ini akan berkolaborasi dengan mama-mama penenun diberbagai kabupaten di NTT. Selain memperkenalkan tenunan NTT ke generasi muda NTT, mimpi saya adalah kain hasil tenunan mama-mama diberbagai kabupaten di NTT bisa dikenal dikancah nasional maupun internasional. Tanpa ” merusak” bentuk asli kain tersebut. Selain itu, generasi muda NTT dan Indonesia bisa dengan bangga dan bergaya menggunakan tenunan NTT tanpa harus merusak bentuk aslinya. cara kerjanya adalah, menampilkan fashion tenunan NTT hanya dnegan melipat seperti origami, tanpa harus menggunting tenunan tsb.

Kategori

kerjasama_kolaborasi

Latar Belakang Proyek

alasan saya mengerjakan proyek ini adalah yang pertama, membantu pemberdayaan ekonomi mama-mama penenun di wilayah NTT, kedua mengakrabkan tenunan dengan generasi muda melalui fashion yang fashionable dan modis sehingga generasi muda yang menggunakannya tetap merasa modis dan uptodate; ketiga, saya ingin memperkenalkan jutaan tenunan khas NTT keseluruh dunia, bukan hanya bentuk tetapi juga makna dari tenunan sehingga orang yang menggunakannya paham sejarah sosial dan budaya dari tenunan tersebut.

Masalah yang Diangkat

masalah yang ingin saya atasi adalah berkurangnya minat generasi muda menggunakan tenunan NTT karena dianggap sebagai old fashion; masalah banyaknya tenunan NTT yang motifnya dicontoh dan dicetak dengan sistem batik print yang berpengaruh cukup signifikan bagi perkembangan perekonomian penenun asli NTT dan transfer ilmu pengetahuan tentang tradisi menenun dan makna tenunan NTT dikalangan generasi muda baik NTT maupun Indonesia, sehingga kekayaan budaya tenunan tetap bisa terjaga dan dilestarikan oleh generasi berikutnya.

Durasi Proyek

9 bulan

Indikator Sukses

ukuran keberhasilan proyek ini adalah peningkatan minat penggunaan dan minat mempelajari (minimal) makna tenunan NTT dikalangan generasi muda, baik NTT maupun Indonesia

Dana Hibah

Rp.750 Juta