Anda berada di mode pratinjau.
| |

Pemohon Hibah

Prof. DR. Endang Caturwati, S.ST., MS


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

seni_pertunjukan

Pengalaman Berkarya

40 tahun

Contoh Karya

Situs Web

Media Sosial

Proyek


No. Formulir

70

Judul Proyek

Ringkang Gumawang Kolaborasi Seni Tari, Musik dan Teater

Lokasi Proyek

Jawa Barat

Deskripsi Proyek

Menampilkan nilai-nilai pendidikan karakter bagi anak-anak, yang dibawakan oleh siswa SD hingga Mahasiswa melalui seni tari, seni musik, dan seni teater. Pertunjukan ini selain mempunyai misi pendidikan karakter juga mengangkat kembali seni tradisional dan non tradisional yang dikemas sesuai dengan perkembangan masa kini. Selain itu yang paling penting adalah meluruskan konsep atau nilai peran dari 'Aki Lengser' yang pada saat ini semakin bias. Dalam cerita legenda, Aki Lengser merupakan orang yang bijak sebagai penasehat dan pengayom masyarakat. Akan tetapi di masyarakat Jawa Barat pada masa kini, peran Aki Lengser lebih cenderung sebagai pelawak yang kadang bertutur dan berekpresi dengan fulgar.

Kategori

lintasgenerasi

Latar Belakang Proyek

Melihat fenomena masa kini dengan jarangnya ruang berekpresi dan ruang apresiasi dan publik bagi Seni Pertunjukan yang melibatkan anak-anak/lintas generasi. Di sekolah-sekolah para guru Seni lebih banyak yang tidak mempunyai latar belakang Seni, oleh karena nya masih banyak sekolah-sekolah yang tidak memiliki program untuk mata pelajaran Seni baik secara kulikuler maupun intrakulikuler. sehingga banyak anak-anak yang tidak mengenal kekayaan nilai-nilai dari Seni Budaya daerahnya senidiri sebagai basic pengembangan kepribadian.

Masalah yang Diangkat

permasalahan yang diangkat: 1. meluruskan nilai-nilai kearifan lokal. 2. Memberikan apresiasi Seni Budaya daerah lokal dan non lokal. 3. memberikan ruang berekpresi. 4. melestarikan dan mengembangkan budaya lokal.

Durasi Proyek

6 bulan

Indikator Sukses

1. Para pelaku bisa memerankan Seni dengan baik ( Menari, Menyanyi, Bermusik dan Berteater dengan baik sesuai dengan konsep pertunjukan) 2. Penonton menyukai dengan memberikan aplous serta tidak meninggalkan tempat hingga selesai. 3. anak-anak ingin menonton lagi dan ingin terlibat menjadi pemain. 4. anak-anak dan penonton memahami nilai-nilai makna kebaikan, ketulusan, silih asih, silih asah, silih asuh dari pertunjukan yang ditonton

Dana Hibah

Rp.900 Juta