Anda berada di mode pratinjau.
| | |

Pemohon Hibah

Elia Nindi Alvionita


Riwayat Berkarya

Bidang Seni yang Ditekuni

penelitian

Pengalaman Berkarya

5 tahun

Contoh Karya

Situs Web

Repository Isi Surakarta link : http://repository.isi-ska.ac.id/1345/, Kinomedia, Joglosemar, karya feature yang dipublikasi:https://www.youtube.com/watch?v=Wsepaj3B3dY, LKTI 2013 tentang Kurikulum 2013 Pembentukan Karakter,Media Inspira Surakarta.

Media Sosial

Instagram : elyaalfionita, Facebook: Elya Nindy Alfionita

Proyek


No. Formulir

45

Judul Proyek

IMPLEMENTASI METODE TERAPI DENGAN MENGGUNAKAN MUSIK UNTUK PASIEN SKIZOFRENIA

Lokasi Proyek

Jawa Tengah

Deskripsi Proyek

Pelamar ingin melanjutkan perjalanan studi tentang implementasi musik untuk terapi pasien skizofrenia. Riset di bidnag ini masih sangat minim khususnya di bidang Etnomusikologi. Mengapa penting studi ini? Karena pemecahan masalah terkait psikolgi seni khususnya musik di Indonesia masih banyak celah dan menurut saya ini adalah peluang bagi para Etnomusikolog. Selain itu kebanyakan penelitian-penelitian sebelumnya lebih mengaitkan tentang musik ansih, akibatnya musik kurang aplikatif di Lingkungan masyarakat. Dalam hal ini dengan senang hati pelamar ingin melanjutkan kajian musik dari perspektif seni yang mampu berkontribusi dalam sosial kemanusiaan khususnya untuk pasien gangguan jiwa skizofrenia. Pelamar ingin membuktikan dan mencari solusi tentang mengapa jenis musik tertentu mampu menstabilkan emosi dan mendorong pasien skizofrenia sampai pada tahap pemulihan. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Kualitatif.

Kategori

riset_kajian_kuratorial

Latar Belakang Proyek

Proyek ini merupakan bagian dari cita-cita saya sejak memulai perjalanan riset tahun 2013 tentang Eksperimentasi Metode Terapi dengan Menggunakan Musik untuk Pasien Skizofrenia. Saya bertekad untuk melanjutkan studi tentang metode penyembuhan dengan menggunakan musik untuk pasien skizofrenia. Saya tertarik dengan riset-riset yang telah dilakukan oleh Profesor Djohan Salim tentang psikologi musik. Peneliti Indonesia khususnya Etnomusikologi yang mengkaji tentang pemanfaatan musik pada ranah kontribusi kemanusiaan. Riset ini merupakan langkah awal untuk minat saya dalam mengembangkan ilmu pengetahuan tentang studi psikologi seni. Pentingnya studi ini adalah untuk sumbangsih ilmu pengetahuan di bidang seni Perguruan Tinggi Seni yang minim riset-riset serupa. Selain itu, pelamar bermaksud untuk mengajak para calon etnomusikolog untuk melatih kemampuan dalam bidang studi lapangan.

Masalah yang Diangkat

Topik proyek ini adalah berangkat dari perjalanan riset yang telah saya lakukan selama tiga tahun sebelumnya tentang Eksperimentasi Metode Terapi dnegan Menggunakan Musik untuk Pasien Skizofrenia di RSJ Dr. Arif Zainuddin Surakarta. Studi tersebut belum terselesaikan pada pemecahan masalah mengapa musik dangdut dengan tempo antara 60-75 bpm mampu menstabilkan emosi pasien skizofrenia antara lain skizofrenia residual, skizofrenia hebrefenik, skizofrenia paranoid, dan skizofrenia tak terinci. Mengapa jenis musik dangdut dominan yang paling dapat diterima oleh pasien skizofrenia sampai pada tahap pemulihan? Rencana pelamar adalah selain melakukan riset dan pecarian jawaban tentang pertanyaan tersebut, pelamar perlu melakukan home visit dan melakukan pendampingan terhadap beberapa pasien skizofrenia terpilih untuk pencatatan progres kondisi psikologis pasien. Besar harapan saya untuk disetujui memperoleh sponsor ini, untuk mendukung kelancaran studi terkait topik yang telah saya jelaskan di bagian awal.

Durasi Proyek

6 bulan

Indikator Sukses

Indiokator kesuksesan adalah 100%, karena sebelumnya pelamar telah melakukan perjalanan serupa terkait metode terapi dan tentang terapi musik yang menyesuaikan kebutuhan klien. Pelamar juga telah melakukan riset tahap awal, jadi bagi pelamar proses riset ini tidak akan mengalami kendala terlebih lagi apabila seluruh kebutuhan administrasi telah terselesaikan dengan baik untuk beberapa Instansi RSJ.

Dana Hibah

Rp.85 Juta