Anda berada di mode pratinjau.
(click to expand)

816 - Mobile and Virtual Salman Academy


Nama Inisiator

Sparisoma Viridi

Organisasi

LPP SALMAN ITB

Topik

Keadilan dan kesetaraan akses terhadap media

Deskripsi Proyek

Perkembangan teknologi Informasi telah merambah dan merubah berbagai aspek kehidupan, tidak terkecuali aspek pendidikan. Saat ini, pemanfaatan computer dan internet masih terfokus pada objek belajar dan administrasi namun seiring dengan perkembangan waktu dua perangkat ini akan berkembang menjadi sebuah media yang mampu menjadi lingkungan belajar yang sangat efektif. Mobile and Virtual Salman academy dirancang sebagai salah satu program yang mendorong bagaimana computer dan internet membentuk lingkungan belajar yang dapat diakses oleh setiap orang ,setiap tempat, dan setiap saat. Mobile and virtual salman academy akan melingkupi dua pengerjaan yakni salman academy portal dan pengadaan mobil pintar. Salman academy portal dibangun dengan tiga pilar utama yakni: – keguruan, sebagai penyedia materi ajar berbagai tingkatan dari SD,SMP, dan SMA secara bertahap dan media dibuat dengan mengadopsi teknologi yang dimanfaatkan oleh khan academy (khanacademy.org); – kesiswaan, sebagai penyedia informasi, dan komunitas, sebagai penyedia layanan berita pendidikan, try out online, bank soal, diskusi/ forum, chat dan lain-lain. Pengadaan mobil pintar merupakan penunjang bagi terlaksananya training ICT untuk sekolah-sekolah di seluruh jawa barat dalam rangka memelekkan guru- guru tentang ICT. Mobil pintar didesain dengan dilengkapi laptop dan akses internet. Aksesibilitas salman academy juga akan didukung dengan program peminjaman 30 buah tablet bagi sekolah-sekolah dalam satu kelompok. Peminjaman tablet akan diprogramkan secara bertahap di seluruh kota/kabupaten jabar. Harapan kami, seiring dengan semakin mudahnya akses internet dan dan didukung dengan kian terjangkaunnya gadget tablet maka pemanfaatan salman academy portal akan menjadi sebuah gaya baru dalam belajar yang tidak membosankan, dan memberi manfaat.

Masalah yang Diangkat

Sedikitnya content terkait media belajar yang berbahasa Indonesia Materi ajar dan media belajar saat ini, utamnya yang tersedia di internet kebanyakan menggunakan bahasa dunia, yaitu bahasa Inggris, padahal, tidak semua guru di jawa barat memiliiki kompetensi berbahasa inggris yang memadai, begitu pula pada siswa-siswa di jawa barat yang mungkin menjadi enggan mencari materi ajar secara mandiri karena materi ajar yang tersedia berbahasa inggris. Guru-guru masih banyak yang belum mampu menggunakan komputer dan internet. Teknologi yang sangat berkembang pesat dewasa ini, menuntut para pendidik untuk bisa memanfaatkan dan menggunakan teknologi tersebut secara optimal dan menempatkan teknologi computer ini sebgai kebutuhan utama, tidak lagi kenutuhan sekunder atau bahkan sekunder. Beberapa daerah masih belum mendapat akses internet. Berkembangnya informasi di dunia bisa tersebar karena teknologi internet pengetahuan tentang dunia bisa didapatkan dengan mudah dan murah dengan penggunaan teknologi internet. Tidak hanya itu, diskusi dan berbagi informasi atau materi ajar pun bisa dilakukan melalaui teknologi ini.

Solusi

Berurutan dengan masalah yang ada: membuat media belajar yang ber content local ( SALMAN AKADEMI). Diharapkan guru dan siswa semakin aktif dan meningkatkan minat dalam mencari dan menambah wawasan materi pembelajaran secara mandiri. Memberikan training guru-guru tentang ICT Setelah diberikan training, diharapkan para guru bisa lebih memanfaatkan ICT untuk bisa mengoptimalkan metode pengajaran dan bias mentransfer ilmu yang dimiliki kepada para siswa. Aksesibilitas akan ditunjang oleh mobil pintar, tablet dan simcard phone. Diharapkan, para guru dan siswa bisa memanfaatkan teknologi internet untuk bisa lebih mengetahui dunia.
Pihak yang menerima manfaat adalah guru dan siswa di Jawa Barat.

Target

Guru dan Siswa di Jawa Barat

Indikator Sukses

1. Guru mampu menggunakan computer,
2. Guru menguasai penggunaan program dasar pada komputer (word, excel, ppt),
3. Guru mampu menggunakan internet secara aktif dan positif,
4. Content web (media pembelajaan ) meningkat setiap tahun,
5. GURU yang terlibat dalam PEMBUATAN CONTENT BELAJAR, meningkat setiap tahun,
6. Daerah jelajah mobil pintar sesuai target,
7. Pemanfaatan tablet yang optimal,
8. Jumlah Pelatihan yang diselenggarakan sesuai target,
9. Siswa peserta try out online meningkat,
10. Pengakses salman academy meningkat.

Lokasi

Bandung

Dana yang Dibutuhkan

1,4 Miliar Rupiah

Durasi Proyek

Januari 2012 – Desember 2014